Jenis Erupsi Gunung Api Berdasarkan Sifat dan Kekuatannya



Jenis Erupsi Gunung Api Berdasarkan Sifat dan Kekuatannya
Proses meletusnya gunung api biasa disebut dengan erupsi, pada saat gunung api melakukan proses erupsi tersebut banyak material-material yang dikeluarkannya salah satunya yaitu aliran lava yang sangat panas yang keluar dari mulut gunung api.

Letusan serta tenaga yang dikeluarkan saat meletus juga ada yang dahsyat, keras, dan pelan tergantung dari aktivitas gunung api tersebut. Berdasarkan sifat dan kekuatannya, erupsi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.
Baca juga informasi lainnya yang berhubungan dengan Gunung Api dibawah ini:
  • Efusif yaitu proses erupsi berupa lelehan lava melalui retakanretakan yang terdapat pada tubuh gunungapi. Efusif biasanya terjadi jika magma yang terkandung dalam gunungapi sifatnya encer serta kandungan gasnya relatif sedikit.
  • Eksplosif yaitu erupsi gunungapi berupa ledakan yang memuntahkan bahan-bahan piroklastik di samping lelehan lava. Eksplosif dapat terjadi jika magma yang terdapat dalam tubuh gunungapi sifatnya kental dengan kandungan gas yang tinggi sehingga tekanannya sangat kuat.

Like, Share, dan Subscribe yah teman. :)



Sumber pustaka : Geografi 1 Membuka Cakrawala Dunia : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah / penulis, Bambang Utoyo ; penyunting, Paula Susanti . -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Jenis Erupsi Gunung Api Berdasarkan Sifat dan Kekuatannya"

Post a Comment