Tujuan Dari Dilakukannya Diplomasi



Tujuan Diplomasi

Kepala negara dan menteri luar negeri mempunyai kewenangan bertindak atas nama negara untuk melakukan hubungan internasional. Akan tetapi, dalam praktiknya tidak mungkin keduanya melaksanakan sendiri kewenangan tersebut. Untuk melakukan hubungan internasional mereka membentuk perwakilan.


Seluruh kegiatan dalam hubungan antarbangsa pada hakikatnya merupakan diplomasi, yakni usaha memelihara hubungan antarnegara. Kegiatan diplomasi dilakukan oleh para diplomat, yakni orang-orang yang menjadi wakil resmi suatu negara dalam hubungan dengan negara lain.

Para diplomat bertanggung jawab untuk mencapai tujuan diplomasi, antara lain adalah sebagai berikut:
  1. melindungi para warganya sendiri di luar negeri,
  2. merepresentasikan bangsa dan negara sendiri di luar negeri,
  3. menyimpulkan dan menyampaikan informasi yang berguna,
  4. membina, menjaga, dan menyelenggarakan hubungan yang lancar dengan negara lain,
  5. menjaga agar kepentingan negera sendiri tidak dirugikan dalam percaturan politik internasional.

Salah satu Alat perlengkapan negara yang diberi wewenang untuk melakukan hubungan internasional adalah Departemen Luar Negeri. Departemen luar negeri merupakan departemen yang bertanggung jawab atas hubungan suatu negara dengan negara lain dan organisasi internasional.

Departemen luar negeri memiliki fungsi eksekutif, yakni mengimplementasikan politik luar negeri dan mengelola hubungan internasional. Pada kebanyakan negara, menteri luar negeri disebut dengan Minister of Foreign Affairs.

Sumber pustaka : Pendidikan Kewarganegaraan / penulis, Rini Setyani, Dyah Hartati. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.

Materi Lainnya:

0 Response to "Tujuan Dari Dilakukannya Diplomasi"

Post a Comment