Jenis Industri Berdasarkan Bahan Mentah yang Digunakan



Jenis Industri Berdasarkan Bahan Mentah yang Digunakan [source image by www.timesindonesia.co.id],

Pada postingan kami terdahulu, kita telah membahas tentang jenis industri berdasarkan bahan baku yang digunakan. Dan sekarang kita akan membahas tentang jenis industri berdasarkan bahan mentah yang digunakan.


Bahan mentah yang dimaksud disini adalah bahan yang langsung diambil langsung dari alam tanpa dilakukan pengolahan terlebih dahulu, berbeda dengan bahan baku yang melewati proses pengolahan terlebih dahulu sehingga menjadi bahan baku.

Jika dilihat dari bahan mentah yang digunakan, industri dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu, Industri pertanian, Industri pertambangan, dan Industri jasa. Berikut ini penjelasan dari ketiga jenis industri tersebut berdasarkan bahan mentah yang digunakannya.

  1. Industri pertanian, yaitu industri yang mengolah bahan mentah yang diperoleh dari hasil kegiatan pertanian. Misalnya: industri minyak goreng, Industri gula, industri kopi, industri teh, dan industri makanan.
  2. Industri pertambangan, yaitu industri yang mengolah bahan mentah yang berasal dari hasil pertambangan. Misalnya: industri semen, industri baja, industri BBM (bahan bakar minyak bumi), dan industri serat sintetis.
  3. Industri jasa, yaitu industri yang mengolah jasa layanan yang dapat mempermudah dan meringankan beban masyarakat tetapi menguntungkan. Misalnya: industri perbankan, industri perdagangan, industri pariwisata, industri transportasi, industri seni dan hiburan.

Itulah jenis industri berdasarkan bahan mentah yang digunakannya, dari penjelasan singkat tersebut dapat kita ambil beberapa kesimpulan bahwa industri pertanian mengolah bahan mentah yang didapat dari hasil pertanian, industri pertambangan mengolah bahan mentah yang didapat dari hasil pertambangan, dan industri jasa mengolah jasa yang dapat meringankan beban masyarakat tapi dapat menguntungkan untuk industri tersebut.


Like, Share, dan Subscribe yah teman. :)



Sumber pustaka : Memahami Geografi 3 SMA/MA : Untuk Kelas XII, Semester 1 dan 2 Program Ilmu Pengetahuan Sosial / Oleh Bagja Waluya ; editor, Gurniwan Kamil Pasya ; illustrator, Tim Redaksi. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Jenis Industri Berdasarkan Bahan Mentah yang Digunakan"

Post a Comment