Jenis Industri Berdasarkan Produksi yang Dihasilkan



Jenis Industri Berdasarkan Produksi yang Dihasilkan [image by www.zonalima.com],

Industri merupakan penentu suatu negera tersebut dikatakan berkembang, dengan banyaknya industri pada suatu daerah akan banyak bermanfaat untuk daerah tersebut salah satunya adalah penyerapan lapangan kerja untuk warga sekitar.


Industri mempunyai jenis yang bermacam-macam, jenis industri tersebut dapat dibedakan berdasarkan beberapa hal salah satunya adalah jenis industri berdasarkan produksi yang dihasilkan. Untuk jenis industri ini dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu Industri primer, Industri sekunder, dan Industri tersier.

Berikut ini penjelasan dari ketiga jenis industri tersebut.
  1. Industri primer, yaitu industri yang menghasilkan barang atau benda yang tidak perlu pengolahan lebih lanjut. Barang atau benda yang dihasilkan tersebut dapat dinikmati atau digunakan secara langsung. Misalnya: industri anyaman, industri konveksi, industri makanan dan minuman.
  2. Industri sekunder, yaitu industri yang menghasilkan barang atau benda yang membutuhkan pengolahan lebih lanjut sebelum dinikmati atau digunakan. Misalnya: industri pemintalan benang, industri ban, industri baja, dan industri tekstil.
  3. Industri tertier, yaitu industri yang hasilnya tidak berupa barang atau benda yang dapat dinikmati atau digunakan baik secara langsung maupun tidak langsung, melainkan berupa jasa layanan yang dapat mempermudah atau membantu kebutuhan masyarakat. Misalnya: industri angkutan, industri perbankan, industri perdagangan, dan industri pariwisata.

Itulah jenis industri berdasarkan produksi yang dihasilkan, dari penjelasan tersebut dapat kita ambil sedikit gambaran bahwa industri primer menghasilkan barang yang dapat dinikmati secara langsung, sedangkan industri sekunder menghasilkan barang yang setengah jadi atau perlu pengolahan lagi, dan Industri tertier tidak menghasilkan barang tapi menghasilkan jasa.

Sumber pustaka : Memahami Geografi 3 SMA/MA : Untuk Kelas XII, Semester 1 dan 2 Program Ilmu Pengetahuan Sosial / Oleh Bagja Waluya ; editor, Gurniwan Kamil Pasya ; illustrator, Tim Redaksi. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Jenis Industri Berdasarkan Produksi yang Dihasilkan"

Post a Comment