Penjelasan Tentang Pergeseran Kurva Permintaan Uang dan Kurva Penawaran Uang



Permintaan uang merupakan jumlah uang yang dipegang oleh masyarakat untuk tujuan transaksi, berjaga-jaga, dan spekulasi. Adapun kurva permintaan uang adalah kurva yang menunjukkan jumlah uang yang diminta dengan suku bunga. Permintaan uang berbanding terbalik dengan suku bunga yang berlaku. Dengan demikian kurva permintaan uang memiliki kemiringan negatif.


Kurva permintaan uang dapat bergeser ke kanan atau ke kiri, jika dipengaruhi oleh faktor lain selain suku bunga. Faktor lain tersebut adalah pendapatan nasional. Perhatikan kurva disamping Jika pendapatan nasional meningkat, maka kurva permintaan uang bergeser ke kanan (MD1 ke MD2).


Kurva Pergeseran Penawaran Uang
Kurva Pergeseran Penawaran Uang, 

Namun, jika pendapatan nasional turun maka kurva permintaan uang akan bergeser ke kiri (MD1 ke MD3). Jumlah uang yang beredar ditentukan oleh pemerintah melalui Bank Sentral dan jumlahnya tetap dalam jangka pendek. Kurva penawaran uang berupa garis tegak lurus (inelastis sempurna).


Kurva Pergeseran Permintaan Uang
Kurva Pergeseran Permintaan Uang, 

Kurva penawaran uang dapat bergeser ke kanan dan ke kiri karena dipengaruhi oleh faktor selain suku bunga. Faktor-faktor tersebut antara lain pendapatan masyarakat, pengeluaran pemerintah, tingkat harga barang, dan tingkat kredit.

Bentuk pergeseran kurva penawaran dapat ditunjukkan pada kurva disamping. Pergeseran kurva MS0 ke MS1 menunjukkan penawaran uang bertambah, namun jika kurva MS0 ke MS2 berarti jumlah uang yang beredar mengalami penurunan.

Sumber pustaka : Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Mintasih Indriayu ; editor, Tri Tien Gunawati ; — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Tentang Pergeseran Kurva Permintaan Uang dan Kurva Penawaran Uang"

Post a Comment