Komponen dan Spesifikasi Mesin Pengering Padi atau Gabah (paddy dryer) | simpleNEWS05



Komponen dan Spesifikasi Mesin Pengering Padi atau Gabah (paddy dryer)

Mesin pengering padi atau paddy dryer tipe vertical circulation merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk mengeringkan gabah hasil panen padi. Mesin ini bekerja dengan menurunkan kadar air yang ada pada gabah tersebut  dengan menghembuskan udara panas ke dalam wadah yang berisi gabah secara terus menerus hingga kadar airnya berkurang seperti yang diinginkan.


Komponen-komponen yang terdapat pada mesin pengering padi atau gabah ini yaitu Elevator, Pemasukan gabah (paddy input), Ruang penampungan sementara gabah, Kotak pengering(drying box), Blower atau Fan, Burner, serta yang terakhir yaitu Pengeluaran gabah kering (paddy output).

Spesifikasi teknik dari mesin pengering padi atau gabah antara lain Motor Penggerak mesin menggunakan Jenis Multi Silinder 4 Tak berbahan bakar Solar, banyaknya daya yang diperlukan yaitu Minimum 30 KVA, Kapasitas tangki bahan bakarnya minimal 150 liter, dan untuk perlengkapan lainnya berupa Radiator cooling, electric starter engine panel dan generator control panel.

Rangka Bucket Elevator terbuat dari Plat baja dengan tebal minimal 1,5 mm, sedangkan untuk Bucketnya terbuat dari Plastik poliprofilon/ Nilon ukuran minimal 8”. Pemasukan gabah (Paddy input) Dengan bantuan mekanis dengan saringan bergerak untuk memudahkan pemasukan gabah basah yang kerangkanya terbuat dari Besi siku dan besi bantangan bulat dengan Daya  Maksimum 2 HP.

Untuk kontruksi dinding kotak Pengering (Drying box) terbuat dari Plat baja UNP 66 dengan tebal minimum 1,5 mm, dan dilengkapi dengan penguat besi siku 3 x mm, sementara itu daya tampungnya  Minimum 8 – 10 ton untuk sekali proses.

Seluruh instalasi listrik yang terdapat pada mesin ini terangkai dalam satu sistem dari ruang disel generating set sampai pada semua mesin dryer dengan kabel yang berdiameter memadai dan bermutu. Laju atau kecepatan pengeringan jika menggunakan mesin ini yaitu untuk Padi laju pengeringannya antara 0,8 – 1,2 % per jam, sedangkan pada  Jagung  antara 2 - 2,5 % per jam. Untuk Keseragaman kadar air yaitu Maksimum 1,5 %, Suhu tumpukan gabah Maksimum 43 Derajar Celcius.

Mesin pengering ini juga dilengkapi dengan beberapa perlengkapan lainnya seperti Sensor kelebihan muat, penghenti waktu, tombol tekanan udara, pemadam kebakaran, pengontrol suhu otomatis, pengontrol kelembaban otomatis, panel kontrol, pengukur kadar air.


Materi Lainnya:

0 Response to "Komponen dan Spesifikasi Mesin Pengering Padi atau Gabah (paddy dryer) | simpleNEWS05"

Post a Comment