Pengertian dan Keunggulan Foto Infra Merah



citra foto udara infra red - quickbirdonline.wordpress.com

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa Citra Foto mempunyai bermacam-macam jenis yang didasarkan pada beberapa aspek, dan salah satu jenisnya ialah Foto Prankomatik berdasarkan spektrum elektromagnetik yang digunakannya . Foto Prankomatik tebagi menjadi dua yaitu salah satunya infra merah.


Foto infra merah adalah foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum infra merah dekat, dengan panjang gelombang 0,9 – 1,2 mikrometer, yang dibuat secara khusus yang terletak pada saluran merah dan sebagian saluran hijau. Cirinya dapat mencapai bagian dalam daun, sehingga rona pada foto infra merah daun tidak ditentukan berdasarkan warna tetapi oleh sifat jaringannya.

Perbedaan antara foto infra merah dengan film pankromatik hitam putih terletak pada kepekaannya. Foto infra merah mempunyai beberapa keunggulan, antara lain:
  1. mempunyai sifat pantulan khusus bagi vegetasi,
  2. daya tembusnya yang besar terhadap kabut tipis, dan
  3. daya serap yang besar terhadap air.
Kelemahan foto infra merah antara lain:
  1. adanya efek bayangan gelap karena saluran infra merah dekat tidak peka terhadap sinar baur dan sinar yang dipolarisasikan,
  2. sifat tembusnya kecil terhadap air, dan
  3. kecepatan yang rendah dalam pemotretan.
Infra merah berwarna mempunyai keunggulan pada warnanya yang tidak serupa dengan warna aslinya. Dengan warna semu itu banyak objek pada foto ini menjadi mudah dikenali. Foto inframerah berwarna banyak digunakan dalam bidang:
  1. kemiliteran, untuk mengetahui kondisi suatu hutan, karena tanaman tidak akan terpantulkan melainkan objek yang ada disekitarnya;
  2. bidang pertanian dan kehutanan, yaitu untuk mendeteksi atau membedakan tanaman yang sehat dan tanaman yang terserang penyakit;
Sumber referensi: Geografi 3 : Untuk SMA/MA Kelas XII / Oleh Daang Endarto; penyunting, Titik Haryanti; ilustrasi, Haryana Humardani, Cahyo Muryono. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendiikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian dan Keunggulan Foto Infra Merah"

Post a Comment