Penjelasan Mengenai Tumbuhan Paku Ekor Kuda (Equisetinae) | simpleNEWS05



Penjelasan Mengenai Tumbuhan Paku Ekor Kuda (Equisetinae)
Seperti halnya dengan Tumbuhan Belah, Tumbuhan Thallus dan Tumbuhan Lumut, maka semua Tumbuhan Paku itu tidak berbunga. Tumbuhan ini berkembang biak dengan spora. Pada beberapa daun Tumbuhan Paku yang hidup di darat, biasanya ditemukan bintik-bintik hitam.

Biasanya bintik-bintik ini terdapat dipermukaan bawah dari daun-daunnya yang subur. Bintik-bintik ini disebut sori (tunggal : sorus). Paku Ekor Kuda atau dalam bahasa latinnya disebut Equisetum debile, tumbuh di tepat-tempat basah diantara rumput-rumputan.
Tumbuhnya di tempat-tempat yang agak tinggi diatas permukaan laut. Batangnya yang ada di bawah permukaan tanah merupakan akar tinggal (rhizoma). Yang tumbuh menjulang di atas permukaan tanah bentuknya gilig mempunyai rongga-rongga didalamnya. Batang ini dapat dijadikan bahan obat-obatan. Daunnya kecil-kecil, tumbuhnya melingkari buku-bukunya.

Daun-daunnya yang subur berkumpul diujung batang dan dapat menghasilkan sporangia. Batang Paku Ekor Kuda mengandung zat kersik sehingga abunya dapat dijadikan bahan penggosok.

Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Tumbuhan Paku Ekor Kuda (Equisetinae) | simpleNEWS05"

Post a Comment