Bentuk-Bentuk Tulang Manusia dan Ciri-Cirinya



Bentuk-Bentuk Tulang Manusia dan Ciri-Cirinya [source image by www.artikelsiana.com]

Tulang merupakan alat gerak pasif karena tidak dapat bergerak tanpa bantuan otot. Jika dilihat berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibedakan menjadi tiga bentuk yaitu tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek. Berikut ini akan dijelaskan ciri-ciri serta contoh dari bentuk tulang tersebut.


1. Tulang pipa

Tulang pipa disebut juga tulang panjang. Tulang pipa mempunyai ciri-ciri Bentuknya bulat panjang seperti pipa, Pada kedua ujungnya berbonggol yang merupakan tulang spons karena berongga seperti spons, dan Di dalamnya berisi sumsum emrah tulang, yaitu tempat memproduksi sel-sel darah merah. Bagian tengah tulang pipaberisi jaringan lemak (sumsum kuning). Sumsum kuning merupakan cadangan untuk pembentukan sumsum merah.

Contoh tulang yang termasuk kedalam tulang pipa yaitu tulang paha, tulang lengan atas, tulang kering, tulang betis, ruas-ruas jari tangan/ruas jari kaki, tulang hasta, dan tulang pengumpil. Tulang pipa terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Bagian ujung yang disebut epifisis, Bagian tengah yang disebut diafisis, dan Di antara epifisis dan diafisis terdapat cakra.

2. Tulang pipih

Sesuai namanya, tulang pipih berbentuk pipih atau tipis. Bagian dalam tulang pipih tidak berongga melainkan pejal. Di bawah bagian tulang kompak (tulang keras) juga terdapat tulang spons yang berisi sumsum merah tulang.

Tulang ini memiliki ciri-ciri yaitu Berbentuk pipih atau tipis, dan Di dalamnya berisi sumsum merah, tempat pembuatan sel darah merah dan sel darah putih. Contoh tulang yang termasuk kedalam tulang pipih yaitu tulang kepala ( tengkorak), tulang rusuk, tulang dada, dan tulang belikat.

3. Tulang pendek

Tulang pendek adalah tulang yang pendek dan berisi sumsum merah. Tulang pendek termasuk tulang pejal karna bagian dalamnya tidak berongga. Tulang pendek umumnya membentuk ruas-ruas tulang.

Tulang pendek mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, Bentuk pendek dan bulat, dan Di dalamnya berisi sumsum merah, tempat pembuatan sel darah merah dan sel darah putih. Contoh tulang yang termasuk kedalam tulang pendek adalah ruas-ruas tulang belakang, tulang pergelangan tangan, dan pergelangan kaki.

Sumber : Biologi 2: untuk SMA/MA Kelas X /penulis, Renni Diastuti : editor, Paidi . -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Bentuk-Bentuk Tulang Manusia dan Ciri-Cirinya"

Post a Comment