Pengertian Biocycle Darat, Biocycle Air Tawar, dan Biocycle Air Asin



Biocycle [image by greeners.co], 
Pada umumnya para ahli biologi mengklasifikasikan tumbuhan menjadi 5 kelompok besar, yaitu Schizophyta (tumbuhan bersel satu), Thallophyta (tumbuhan jenis talas-talasan), Pteridophyta (tumbuhan jenis paku-pakuan), Bryophyta (tumbuhan jenis lumut), dan Spermatophyta.

Tumbuh-tumbuhan tersebut tersebar di tiga biocycle atau lingkungan muka bumi, yaitu biocycle darat, biocycle air tawar (wilayah perairan darat), dan biocycle air asin (wilayah laut).
Baca juga informasi lainnya yang berhubungan dengan Lingkungan dibawah ini:
1. Biocycle Darat
biocycle darat merupakan lingkungan yang menjadi penyebaran tumbuhan khas daratan. Tumbuhan yang menutupi wilayah darat sangat bervariasi, baik ragam maupun jumlahnya. Wilayahnya tersebar mulai dari zona pantai sampai ke pegunungan, mulai dari kawasan khatulistiwa sampai wilayah kutub. Biocycle darat terdiri atas lingkungan hutan, lingkungan sabana, lingkungan padang rumput, lingkungan gurun.

2. Biocycle Air Tawar
biocycle air tawar merupakan lingkungan yang menjadi penyebaran tumbuhan-tumbuhan yang hidup di perairan darat atau air tawar. Biocycle air tawar terdiri atas lingkungan sungai, danau, kolam, rawa atau paya-paya. Contoh jenis tumbuhan yang menjadi komponen ekosistem air tawar antara lain, selada air, bunga teratai, dan eceng gondok. Selain itu, hidup beberapa jenis lumut dan ganggang.

3. Biocycle Air Asin
biocycle air asin merupakan lingkungan yang menjadi penyebaran tumbuhan yang tumbuh disekitar wilayah laut atau perairan air asin. Biocycle air asin sebagian besar terbentang mulai dari zona pantai sampai wilayah perairan laut yang masih tertembus sinar matahari (zona fotik). Hal ini sangat berkaitan dengan proses fotosintesis tumbuhan yang membutuhkan sinar matahari.

Beberapa jenis flora yang hidup di lingkungan perairan laut, antara lain alga biru, alga merah, dan rumput laut. Adapun yang hidup di sekitar pantai, antara lain kelapa, pandan pantai, hutan bakau (mangrove), nipah, rumbia, dan beberapa jenis rerumputan khas pantai. Berikut ini disajikan perwilayahan biota air laut.

Sumber referensi: Geografi 2 Membuka Cakrawala Dunia : untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis, Bambang Utoyo ; penyunting, Paula Susanti. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

2 Responses to "Pengertian Biocycle Darat, Biocycle Air Tawar, dan Biocycle Air Asin"