Keuntungan yang Ditimbulkan oleh Aktivitas Gunung Api



Keuntungan yang Ditimbulkan oleh Aktivitas Gunung Api [Image by oyinayashi.blogspot.com],
Di samping kerugian yang ditimbulkan oleh aktivitas gunung api, terdapat pula banyak keuntungan yang dapat diambil dari adanya gejala vulkanisme. Keuntungan ini biasanya bersifat jangka panjang serta setelah gunung api tersebut meletus.

Salah satu contoh keuntungan yang telah kita singgung pada artikel kita yang lalu yaitu tanah yang terdapat disekitar gunung api terkenal akan kesuburannya sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk bercocok tanam dan dapat menguntungkan masyarakat yang ada disekit gunung api tersebut. 
Berikut ini keuntungan atau dampak positif lainnya dari adanya gejala vulkanisme antara lain sebagai berikut.
  • Material gunungapi yang dikeluarkan saat erupsi sangat kaya akan mineral-mineral penyubur tanah. Setelah mengalami proses pelapukan secara sempurna, bahan-bahan tersebut berubah menjadi tanah vulkanis yang subur. Jenis tanah ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk setempat menjadi areal pertanian atau perkebunan.
  • Pembekuan magma menjadi batuan beku intrusif dan ekstrusif sangat bermanfaat bagi manusia sebagai salah satu barang tambang untuk kebutuhan bahan bangunan.
  • Dalam jumlah yang banyak, endapan belerang di sekitar kawah gunungapi dapat ditambang sebagai bahan baku industri pupuk, obat-obatan, dan mesiu.
  • Uap yang dikeluarkan dari gejala panas bumi (geothermal) akibat aktivitas magmatik sering kali dimanfaatkan sebagai pem bangkit tenaga panas Bumi. Contohnya PLTP Kamojang di Kabupaten Garut, Jawa Barat.
  • Pada umumnya hampir semua mineral-mineral logam seperti emas, perak, tembaga, dan timah putih sebenarnya berasal dari aktivitas vulkanisme (magma).
  • Hawa sejuk dan panorama pegunungan yang indah merupakan salah satu daya tarik sektor pariwisata, sehingga banyak penduduk yang datang berekreasi ke kawasan pegunungan.
Sumber pustaka : BSE (Buku Sekolah Elektronik) Geografi 1 Membuka Cakrawala Dunia : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah / penulis, Bambang Utoyo ; penyunting, Paula Susanti . -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Keuntungan yang Ditimbulkan oleh Aktivitas Gunung Api"

Post a Comment