Jenis Erupsi Gunung Api Bedasarkan Bentuk Lubang Kepundannya



Jenis Erupsi Gunung Api Bedasarkan Bentuk Lubang Kepundannya [Image by afiqofagung.wordpress.com],
Salah satu erupsi atau letusan gunung api yang paling dahsyat yaitu erupsi gunung Krakatau yang berada diselat sunda. Saking dahsyatnya letusan gunung tersebut, suaranya dapat didengar hingga berkilo-kilo meter jauhnya. Hasil letusan gunung ini menghasilkan sebuah kawah yang sangat luas yaitu berdiameter sekitar 7 km.

Selain Berdasarkan sifat dan kekuatannya, erupsi juga dapat dibedakan berdasarkan bentuk lubang kepundan tempat keluarnya magma dari tubuh gunungapi. Berdasarkan hal ini kita mengenal tiga jenis erupsi, yaitu sebagai berikut.
Baca juga informasi lainnya yang berhubungan dengan Gunung Api dibawah ini:
1. Erupsi Linear yaitu peristiwa letusan gunungapi, ketika magma yang dikandungnya keluar melalui retakan yang meman jang seperti sebuah garis. Fenomena alam yang tampak di muka Bumi akibat erupsi linear adalah deretan gunungapi yang memanjang, seperti terdapat di Laki Spleet (Islandia) dengan panjang rekahan mencapai 30 kilometer.

2. Erupsi Areal yaitu jenis erupsi ketika dapur magma letaknya sangat dekat dengan permukaan bumi sehingga mampu membakar dan melelehkan lapisan batuan di sekitarnya sampai membentuk lubang yang sangat besar. Lava yang keluar melalui lubang kepundan yang sangat besar ini kemudian mengalir ke wilayah yang sangat luas di sekitarnya. Contohnya antara lain wilayah antara Argentina sampai Paraguay di Amerika Selatan.


3. Erupsi Sentral yaitu jenis erupsi ketika material gunungapi keluar melalui sebuah lubang atau pusat erupsi sehingga membentuk kerucut gunungapi yang berdiri sendiri (single volcano). Erupsi sentral merupakan tipe letusan yang paling banyak dijumpai di muka bumi. Hampir semua gunungapi yang ada di Indonesia merupakan hasil erupsi sentral.


Sumber pustaka : Geografi 1 Membuka Cakrawala Dunia : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah / penulis, Bambang Utoyo ; penyunting, Paula Susanti . -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Jenis Erupsi Gunung Api Bedasarkan Bentuk Lubang Kepundannya"

Post a Comment