klik disini
Home » » Istilah-Istilah yang Berhubungan Dengan Kegiatan Industri

Istilah-Istilah yang Berhubungan Dengan Kegiatan Industri


Industri merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia dalam mengolah bahan mentah atau bahan baku menjadi barang setengah jadi dan barang jadi, itulah mengapa kegiatan industri ini juga biasa dikatakan sebagai kegiatan manufacture. Dalam mendirikan sebuah industri perlu diperhatikan terlebih dahulu kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri.

Kawasan industri [image by cikarangnews.com], 
Terdapat beberapa istilah yang berkaitan dengan kegiatan industri yang biasa kita dengar. Istilah-istilah yang berhubungan dengan kegiatan industri tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Kegiatan ekonomi, adalah aktifitas manusia yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidup yang bertujuan menghasilkan barang dan jasa.
  2. Bahan mentah, adalah semua bahan yang diperoleh dari sumber daya alam atau dari usaha manusia untuk dimanfaatkan lebih lanjut, misalnya, kapas, biji besi, kapur, dan kayu.
  3. Bahan baku, adalah bahan mentah yang diolah atau tidak diolah, dan dapat dimanfaatkan sebaai sarana produksi dalam industri. Misalnya, benang untuk industri tekstil dan lempengan aluminium untuk industri alat-alat rumah tangga dan industri kendaraan bermotor (otomotif).
  4. Barang setengah jadi, adalah bahan mentah atau bahan baku yang telah mengalami satu atau beberapa tahap proses industri dan dapat diolah lebih lanjut untuk menjadi barang jadi.
  5. Barang jadi, adalah barang hasil industri yang sudah siap pakai untuk konsumsi akhir ataupun siap pakai sebagai alat produksi. Misalnya, pakaian hasil industri garmen (konveksi).
  6. Kegiatan rancang bangun, adalah kegiatan industri yang berhubungan dengan perencanaan pendirian industri atau pabrik secara keseluruhan atau bagian-bagiannya.
  7. Perekayasaan industri, adalah kegiatan industri yang berhubungan dengan perencanaan atau pembuatan mesin-mesin atau peralatan pabrik dan peralatan industri lainnya.
  8. Manufacture, adalah kegiatan mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi.

Sumber pustaka: Geografi : Untuk sekolah menengah umum kelas II/ Disusun Oleh Edi Setiawan, Gatot Harmanto; editor, Mamat Ruhimat, Ela Herawati. -- Bandung: Grafindo Media Pratama, 1999.

Baca juga informasi lainnya yang berkaitan dengan "industri" berikut ini:



Posted By Muhammad Malik on | 8:17:00 AM


0 komentar:

Post a Comment

Klik disini
Back to top