Spesifikasi dan Bagian-Bagian Dari Alat Perontok Padi Tipe Pedal (Pedal Thresher) | simpleNEWS05



Spesifikasi dan Bagian-Bagian Dari Alat Perontok Padi Tipe Pedal (Pedal Thresher) [image by www.weiku.com],

Alat sederhana ini dapat membantu kerja para petani dalam mengolah hasil panen padinya, khususnya dalam hal merontokkan butiran padi dari tangkainya. Berbeda dengan alat perontok padi yang berpenggerak mesin, alat perontok padi sederhana ini digerakkan oleh tenaga manusia sehingga lebih murah.


Cara kerja alat ini sangat sederhana silinder yang akan merontokkan padi digerakkan dengan menginjak pedal sehingga silinder tersebut berputar dan petani memegang batang jerami dan memasukkannya sampai padi rontok semua.

Adapun bagian-bagian yang terdapat pada alat perontok padi sederhana ini yaitu Drum atau selinder yang dipasangi gigi-gigi atau jari-jari perontok gabah, Rumah atau kerangka perontok gabah, Pedal atau papan injak sebagai pengerak dan rantai transmisi, dan Gigi sproket sebagai transmisi.

Sedangkan untuk ukuran dari alat perontok padi sederhana ini mempunyai lebar 400 - 600 mm, tinggi 800 - 1000 mm, dan panjang keseluruhan sekitar 1800 - 2000 mm. Untuk panjang dari kerangkan perontok sekitar 600 - 800 mm, dan alat ini mempunyai berat maksimum 40 kg.

Untuk bagian Silinder perontok padinya mempunyai diameter sekitar 190 - 210 mm dan lebar silinder perontok sekitar 350 - 400 mm. Adapun untuk untuk spesifikasi dari gigi perontok biji padinya yaitu, Bahan terbuat dari Kawat/paku baja, Φ ± 3,5 mm, Bentuk gigi  I atau Λ, Jumlah gigi perontok sekitar 40 - 56 gigi, Tinggi gigi perontok sekitar 55 – 60 mm.

Jarak antar gigi perontok sekitar 60- 80 mm, Diameter sumbu perontok sekitar 7- 9 mm, dan Jumlah dudukan gigi perontok minimum 8. Sedangkan ukuran dudukan Gigi perontok yaitu Panjang sekitar 380 – 400 mm, Lebar sekitar 26 – 28 mm, dan Tebal sekitar 18 – 20 mm.

Jumlah gigi sproket atau transmisi sekitar 18-20 buah. Alat perontok biji padi ini digerakkan dengan pedal yang terbuat dari papan yang dilapisi dengan karet ban agar tidak licin, kapasitas output minimum dari alat ini 100 kg per jam.


Materi Lainnya:

0 Response to "Spesifikasi dan Bagian-Bagian Dari Alat Perontok Padi Tipe Pedal (Pedal Thresher) | simpleNEWS05"

Post a Comment