Letak, Luas, dan Keadaan Alam Benua Eropa



Letak, Luas, dan Keadaan Alam Benua Eropa [source image by www.slideshare.net],
Letak, Luas, dan Keadaan Alam Benua Eropa ~ Benua ini adalah benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas 10.600.000 km² sedangkan bila dihitung dari populasinya, benua ini terletak di urutan ketiga (di bawah Asia dan Afrika).

Benua Eropa terbentang dari Tanjung Utara (North Cape) di Norwegia sampai Pulau Kreta di Laut Tengah sepanjang 3.950 km dan membujur dari barat ke timur mulai dari Tanjung Sao Vicente di Portugal sampai pegunungan Ural di Rusia sejauh 5.300 km.

Letak astronomisnya antara 35OLU – 71O06’LU dan 9O27’BB – 66O20’BT. Luas Benua Eropa sekitar 10.800.000 km2 atau 7% dari luas daratan di bumi. Laut Mediterania di selatan memisahkan Eropa dari Afrika. Batasan di bagian barat adalah Samudra Atlantik.


Di antara kelima benua di dunia, hanya di Benua Eropa yang tidak dijumpai iklim tropis. Letak Benua Eropa berada di daerah sedang, sehingga di benua ini terdapat empat musim, yaitu panas, gugur, dingin, dan semi.

Berdasarkan iklim fisis, di Benua Eropa terdapat enam macam iklim, yaitu iklim laut tengah, di Eropa Selatan, iklim kutub/tundra, iklim pegunungan, iklim darat di Eropa Timur, iklim laut di Eropa Barat, dan iklim peralihan di Eropa Tengah.

Sekarang ini Eropa masih memiliki seperempat dari seluruh hutan dunia, hutan spruce Skandinavia, hutan pine yang luas di Russia, hutan hujan chestnut Caucasus, dan hutan oak cork di Mediterania. Binatang liar, seperti banteng, ibeks, bison, dan kijang berbulu halus, sekarang harus dilindungi dari pemburu dan kehidupan modern melalui cagar alam atau dikurung di kebun binatang.

Pegunungan di kawasan ini menjadi hulu sungai sebagian besar sungai-sungai di Eropa. Sungai-sungai di Eropa dapat dikelompokkan menjadi lima bagian.
  • Sungai yang bermuara ke Laut Kaspia, yaitu Sungai Volga yang merupakan sungai terpanjang di Benua Eropa.
  • Sungai-sungai yang bermuara ke Laut Tengah di antaranya sungai Ebro di Spanyol, Sungai Rhone di Perancis, dan Sungai Po di Italia.
  • Sungai yang bermuara ke arah utara, antara lain Sungai Wesser dan Elbe di Jerman, Sungai Oder dan Vistula di Polandia.
  • Sungai yang bermuara ke Pantai Barat, antara lain Sungai Rhein (Sungai Rhein merupakan sungai yang teramai dilayari di dunia). Sungai Seine dan Loire di Perancis, Sungai Tagus, Douro, dan Guadiana di Portugal dan Spanyol.
  • Sungai yang mengalir ke arah timur dan bermuara ke Laut Hitam, di antaranya Sungai Donau (Danube) di Rumania.
Bila kita mengamati pantai di Eropa, akan terlihat bentuk pantainya yang sangat berliku-liku, terdiri atas banyak sekali teluk dan semenanjung. Secara umum bentang alam Benua Eropa dapat digolongkan atas 4 kelompok, yaitu Pegunungan Alpen, Dataran Tinggi di Eropa Tengah, Dataran Rendah Eropa Tengah, dan Dataran Tinggi Eropa Barat.

Sumber pustaka : Ilmu Pengetahuan Sosial 3 : Untuk SMP/MTs Kelas ix / Danang Endarto…[et al] ; penyunting, Achmad Buchory, llustrator, Purwanto . — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga :

Materi Lainnya:

0 Response to "Letak, Luas, dan Keadaan Alam Benua Eropa"

Post a Comment