Macam-Macam Hujan Berdasarkan Proses kejadiannya



Macam-Macam Hujan Berdasarkan Proses kejadiannya

Hujan merupakan salah satu siklus alam dimana proses terjadinya dapat dalam beebrapa cara. Hujan terjadi akibat adanya penguapan, yang kemudian terjadi pengembunan dan membentuk kumpulan titik-titik air di udara (awan).


Setelah kandungan titik-titik air di awan tadi makin banyak dan semakin berat, maka turunlah hujan. Besarnya curah hujan dapat diukur dengan menggunakan rain gage, ombrometer atau ombrograf. Berdasarkan proses kejadiannya, kita mengenal tiga macam macam hujan, yaitu sebagai berikut.

1. Hujan Orografis

Hujan orografis merupakan salah satu macam hujan dimana hujan ini terjadi akibat gerakan massa udara yang mengandung uap air terhalang oleh gunung atau pegunungan sehingga dipaksa naik ke lereng pegunungan. Sampai pada ketinggian tertentu, kelembapan relatifnya mencapai 100% sampai terbentuk awan.

Kumpulan awan itu kemudian dijatuhkan sebagai hujan orografis. Massa udara yang telah kering karena kadar airnya telah dijatuhkan sebagai hujan ini, terus bergerak menuruni lereng daerah bayangan hujan disebut sebagai angin fohn.

2. Hujan Zenithal (konveksi)

Hujan zenithal (konveksi) merupakan salah satu macam hujan yang proses kejadiannya akibat massa udara yang banyak mengandung uap air naik secara vertikal. Pada daerah ini, awan terbentuk akibat pemanasan materi sehingga terjadi kenaikan massa udara ke atmosfer secara vertikal, sampai pada ketinggian tertentu kelembapan relatifnya mencapai 100%.

Kumpulan awan itu kemudian dijatuhkan sebagai hujan konveksi. Jenis hujan ini banyak terjadi di daerah doldrum (antara 10°LU–10°LS), di mana massa angin passat naik secara vertikal.

3. Hujan Frontal

Hujan frontal merupakan salah satu macam hujan yang dimana proses kejadiannya akibat pertemuan massa udara panas dengan massa udara dingin. Akibat pertemuan massa udara yang berbeda temperaturnya maka pada bidang frontnya terjadi kondensasi dan terbentuk awan badai siklon, kemudian dijatuhkan sebagai hujan frontal.

Jenis hujan ini terjadi di daerah lintang sedang (antara 35°LU–65°LU dan 35°LS–65°LS), akibat pertemuan massa udara panas (angin barat) dan massa udara kutub (angin timur). Iulah penjelasan singkat mengenai macam-macam hujan yang kami kutip dari sumber yang tertera dibawah ini, semoga penjelasan ini dapat menambah pengetahuan kita mengenai bagaimana proses terjadinya hujan.


Like, Share, dan Subscribe yah teman. :)



Sumber pustaka : BSE (Buklu Sekolah Elektronik) Geografi 1 Membuka Cakrawala Dunia : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah / penulis, Bambang Utoyo ; penyunting, Paula Susanti . -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Hujan Berdasarkan Proses kejadiannya"

Post a Comment