Pengertian Selat dan Teluk



Gambar selat sunda [source image by ilmu-modern.blogspot.com],

Permukaan bumi terdiri atas dua wilayah yaitu wilayah daratan dan wilayah perairan. wilayah perairan meliputi perairan air tawar dan perairan air asin. Perairan air tawar terdiri aats sungai, danau, waduk dan lainnya, sedangkan perairan air asin terdiri dari Samudra, laut, selat dan teluk.


Selat adalah sebuah wilayah perairan relatif sempit yang menghubungkan dua bagian perairan yang lebih besar, oleh sebab itu biasanya terletak di antara dua permukaan daratan. Selat buatan disebut terusan atau kanal. Contoh selat yautu Selat Sunda di negara kita, Indonesia, Selat Gibraltar yang berada antara Benua Eropa dan Benua Afrika.

Teluk adalah wilayah perairan yang menjorok ke arah daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Teluk berkebalikan dari tanjung dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama. Teluk-teluk yang terkenal di dunia antara lain Teluk San Fransisco (USA), Teluk Guantanamo (Cuba), Teluk Persia (Iran), Teluk Cendrawasih (Indonesia).

Sumber pustaka : Ilmu Pengetahuan Sosial 3 : Untuk SMP/MTs Kelas ix / Danang Endarto…[et al] ; penyunting, Achmad Buchory, llustrator, Purwanto . — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Selat dan Teluk"

Post a Comment