Pengelompokan Awan Berdasarkan Bentuk dan Ketinggiannya



Pengelompokan Awan Berdasarkan Bentuk dan Ketinggiannya

Berdasarkan bentuknya, awan dapat dibedakan menjadi tiga kelompok utama, yaitu (1) Cirrus, yaitu awan yang bentuknya halus seperti kapas; (2) Cumulus, yaitu awan yang bergumpal-gumpal seperti bulu domba; dan (3) Stratus, yaitu awan yang berlapis-lapis.


Berdasarkan ketinggiannya kita mengenal empat kelompok utama, yaitu sebagai berikut.
  1. Awan tinggi, yang terletak antara 6.000–12.000 meter diatas permukaan Bumi, seperti Cirrus, Cirrostratus, dan Cirrocumulus.
  2. Awan pertengahan, yang terletak pada ketinggian antara 2.000 – 6.000 meter di atas permukaan Bumi, misalnya Altostratus dan Altocumulus.
  3. Awan rendah, yang terletak pada ketinggian kurang dari 2.000 meter di atas permukaan Bumi, misalnya Cumulus,Nimbostratus.
  4. Fog atau kabut, yaitu awan yang letaknya sangat dekat dengan permukaan Bumi, baik di wilayah daratan maupun perairan.
Sumber pustaka : BSE (Buku Sekolah Elektronik) Geografi 1 Membuka Cakrawala Dunia : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah / penulis, Bambang Utoyo ; penyunting, Paula Susanti . -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengelompokan Awan Berdasarkan Bentuk dan Ketinggiannya"

Post a Comment