Pengertian Potongan Pembelian dan Potongan Penjualan



Pengertian Potongan Pembelian dan Potongan Penjualan

Pasti teman-teman tidak asing lagi mendengar istilah diskon atau potongan harga, karna memang sebagian orang yang suka berbelanja pasti memburu barang yang sedang diskon. Potongan harga biasanya kita temui pada toko-toko besar yang menjual barang-barang serta bahan makanan.


Dalam istilah potong memotong harga ini bukan selalunya didominasi oleh potongan harga untuk pembeli, ternyata terdapat pula potongan harga untuk penjual. Nah, bagaimana yang dimaksud dengan potongan pembeli dan potongan penjual? Berikut penjelasannya.

Potongan (discount), yaitu potongan harga yang diberikan penjual kepada pembeli. Penjual akan memberikan potongan harga kepada pembeli karena beberapa alasan, sebagai berikut:
  1. Membeli barang secara tunai dalam partai besar (jumlah yang banyak).
  2. Melunasi utang sebelum jatuh tempo atau lebih cepat dari waktu yang ditentukan dalam syarat pembayaran (Term of Credit).

Bagi pembeli, potongan harga tersebut disebut potongan pembelian (Purchases Discount), sehingga jumlah uang yang dikeluarkan untuk membayarharga pembelian barang menjadi berkurang. Potongan pembelian yang diterima atau dinikmati pembeli akan dicatat di sebelah kredit pada akun “potongan pembelian”.

Adapun bagi penjual potongan harga tersebut disebut potongan penjualan (Sales Discount), sehingga jumlah uang yang diterima dari harga penjualan barang menjadi berkurang. Potongan penjualan yang diberikan penjual akan dicatat di sebelah debet pada akun “Potongan Penjualan”.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai potongan pembelian dan potongan penjualan, semoga penjelasan singkat tersebut dapat membantu dan menambah pengetahuan teman-teman semua.

Sumber pustaka : Ekonomi 3 : Untuk Kelas XII SMA dan MA / penulis,Chumidatus Sa’dyah, Dadang Argo P ; editor, Nukman Hanafi , Asti Yulia ; illustrator, Toto Rianto, Rochman Suryana. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Potongan Pembelian dan Potongan Penjualan"

Post a Comment