Asteroid atau Planetoid (Planaet Kecil)



Asteroid atau Planetoid (Planaet Kecil)
Asteroid atau Planetoid (Planet Kecil) ~ Asteroid adalah benda-benda angkasa. kecil yang terdapat dalam daerah antara orbit Mars dan Jupiter. Pada 1 Januari 1980, Guiseppi Piazzi menemukan titik cahaya yang berpindah-pindah di lintasan planet Mars dan Jupiter.

Kemudian, Johann Elert Bode menyebut benda itu sebuah planet dan memberi nama benda itu dengan sebutan Ceres. Beberapa tahun kemudian, ditemukan benda yang sama dengan ukuran lebih kecil daripada Ceres dan dinamakan Vesta, Juno, dan Pallas.

Pada awalnya orang menyebut benda ini sebagai planet, tetapi karena ukurannya jauh lebih kecil dari planet dan benda-benda ini sangat banyak jumlahnya. Maka benda-benda langit ini disebut asteroid atau planetoid (planaet kecil).

Jadi, asteroid adalah benda-benda langit berukuran kecil yang mengelilingi Matahari pada lintasan tertentu. Bentuk sisinya tidak beraturan sehingga orang mengatakan bahwa asteroid adalah pecahan-pecahan sebuah benda langit. Bentuk lintasannya menyerupai lingkaran.

Asteroid tersebut yang ditemukan ialah Ceres dengan diameter 770 km. Telah ditemukan lebih dari 5.500 asteroid dan beberapa di antaranya ialah : Pallas, garis tengahnya 560 km; Juno, garis tengahnya 190 km; dan Vesta, garis tengahnya 360 km.

Asteroid kecil-kecil terjadi dari besi dan nikel. Diperkirakan, asteroid berasal dari sebuah planet yang telah pecah dan pecahannya berceceran sepanjang bekas orbitnya.


Baca juga ini:

Materi Lainnya:

0 Response to "Asteroid atau Planetoid (Planaet Kecil)"

Post a Comment