Penjelasan Mengenai Indra Penglihatan pada Manusia



Penjelasan Mengenai Indra Penglihatan pada Manusia

Indra Penglihatan pada mausia ialah sepasang mata, mata manusia yang normal berbentuk bola, sedikit pipih dari arah depan ke belakang. Dinding bola mata terdiri dari tiga lapisan yang jelas batas-batasnya. Lapisan pertama yaitu sklera, merupakan dinding yang terluar, keras dan putih, dan biasanya disebut bagian putih. Lapisan ini di bagian depan menonjol dan transparan, dinamakan kornea.


Lapisan kedua yaitu lapisan tengah disebut koroidea atau selaput darah karena pada lapisan ini banyak terdapat pembuluh-pembuluh darah kecuali pada bagian depan. Pada bagian depan lapisan ini sedikit terbuka dan disebut pupil. Pupil ini terletak tepat dibelakang kornea bagian tengah.

Lapisan koridea berisi sel-sel pigmen di sekitar pupil. daerah yang mengandung pigmen disebut iris. Pigmen inilah yang menyebabkan perbedaan warna mata, hingga ada orang yang bermata biru, hitam, cokelat, hijau, dan sebagainya.

Pupil dapat mengalami perubahan ukuran, tergantung dari intensitas cahaya yang masuk ke mata. perubahan ini terjadi secara refleks, yang dikendalikan oleh otot di dalam iris. Apabila cahaya sangat terang atau kuat, pupil akan menyempit atau mengalami konstriksi, sebaliknya jika cahaya redup, maka pupil akan melebar atau mengalami dilatasi.

Di bagian belakang pupil terdapat bagian yang cembung, yaitu lensa. Lensa didukung oleh otot yang terikat pada dinding koroidea. Otot ini disebut muskulus siliaris (otot daging melingkar). Apabila otot ini mengalami kontraksi maka akan terjadi perubahan ukuran lensa. Hal ini terjadi apabila kamu melakukan pengamatan cermat yang tertuju pada suatu objek tertentu baik pada jarak yang dekat maupun jauh.

Ruangan diantara lensa dan kornea berisi cairan encer yang disebut "aqueous humor". Dibagian dalam bola mata, terisi cairan kental dan transparan. Substansi (bahan) inilah yang menyebabkan bola mata menjadi kokoh. Cairan ini disebut "vitreous humor".

Lapisan ketiga yaitu lapisan mata yang terdalam sangat kompleks dan lunak, disebut retina. Pada bagian terdalam retina terdapat beberapa lapis sel, yaitu reseptor, ganglia, dan serabut saraf. (sumber : dikutip dari buku)


Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Indra Penglihatan pada Manusia"

Post a Comment