Penjelasan Mengenai Tumbuhan Berbunga Kupu-Kupu (Papilionaceae)



Penjelasan Mengenai Tumbuhan Berbunga Kupu-Kupu (Papilionaceae) [Image by nimadesriandani.wordpress.com],
Semua tumbuhan tergolong Papilionaceae mempunyai bunga yang mahkota bunganya berbentuk kupu-kupu. Mahkota bunga itu terdiri dari 5 daun mahkota bunga; ini terdiri dari satu lembar besar disebut bendera, dua di kanan kirinya disebut sayap sedang yang dua lagi sempit berlekatan satu sama lain membentuk bangunan seperti lunas perahu dan disebut lunas.

Benang sarinya 10 membentuk dua gugusan, yang satu bebas dan yang 9 berdekatan menjadi satu berkas. Susunan benang sari yang demikian itu disebut benang sari dua tukal. Putiknya terletak diatas dasar bunga dan tangkai kepala putiknya yang panjang terletak diantara berkas benang sari yang berlekatan.


Dari golongan tumbuhan inilah yang banyak ditanam dalam pertanian sebagai penghasil protein dan lemak nabati. Diantara yang penting sebagai penghasil protein ialah : kacang ijo, kedelai, kacang merah, dan lain sebagainya.
Baca juga informasi lainnya yang berhubungan dengan Lingkungan dibawah ini:
Yang menghasilkan lemak adalah kacang tanah. Beberapa macam diantaranya, buahnya yang masih muda menghasilkan sayuran, misalnya kacang panjang, buncis, kacang kapri, kecipir dan amsih banyak lagi.

Pupuk hijau dapat diambil dari daun-daun tumbuhan Papilionaceae. Yang sering digunakan adalah orok-orok, Tephrosia, dan tom (Indigofera). Dimasa lampau dari tom diambil zat warnanya yang berwarna nila; sekarang zat warna nabati ini terdesak oleh zat-zat warna buatan pabrik.

Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Tumbuhan Berbunga Kupu-Kupu (Papilionaceae)"

Post a Comment