Penggolongan Desa Berdasarkan Mata Pencahariannya



Penggolongan Desa Berdasarkan Mata Pencahariannya

Menurut R. Bintarto pengertian desa adalah suatu perwujudan atau kesatuan geografis yang ditimbulkan oleh unsur-unsur fisiografis, sosial, ekonomis, politis, dan kultural dalam hubungannya dan adanya pengaruh timbal balik dengan daerah-daerah lain.


Jika dilihat dari segi mata pencahariannya, desa dapat digolongkan menjadi 3 yaitu desa agraris, desa industri, dan desa nelayan. Berikut ini penjelasan dari ketiga desa tersebut.

  1. Desa Agraris
  2. Desa agraris adalah desa yang mayoritas penduduknya hidup dari sektor agraris atau pertanian. Faktor yang menentukan terbentuknya desa agraris adalah iklim yang berpengaruh terhadap kesuburan tanah.
  3. Desa Industri
  4. Desa industri terbentuk karena penduduknya sebagian besar melakukan kegiatan industri kecil, terutama yang berhubungan dengan kegiatan pertanian.
  5. Desa Nelayan
  6. Desa nelayan terbentuk disepanjang pantai, penduduknya hidup dari hasil melaut serta hasil pertanian budidaya rumput laut.


Sumber pustaka : Geografi 3 : Untuk SMA/MA Kelas XII / Oleh Danang Endarto ; penyunting, Titik Haryanti ; ilustrasi, Haryana Humardani, Cahyo Muryono. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Penggolongan Desa Berdasarkan Mata Pencahariannya"

Post a Comment