Jenis Inflasi Menurut Penyebab Awalnya



Jenis Inflasi Menurut Penyebab Awalnya [image by www.liputan6.com],
Jenis Inflasi Menurut Penyebab Awalnya ~ Istilah inflasi merupakan lawan dari istilah deflasi. Inflasi adalah suatu keadaan ketikaharga-harga secara umum dalam keadaan naik terus-menerus dan jumlah uang yang beredar melebihi kebutuhan sehingga nilai uang turun terhadap barang. (Baca : Pengertian atau Defenisi dari Inflasi Dan Deflasi)

Inflasi mempunyai beberapa jenis atau macam, jenis inflasi tersebut dikelompokkan dalam tiga alasan, diantaranya jenis inflasi menurut tingkat keparahan atau laju inflasi, menurut penyebab awal inflasi, dan berdasarkan asal inflasi.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas jenis inflasi berdasarkan tingkat keparahan atau laju inflasi, dimana terdapat 4 jenis inflasi didalamnya, yaitu Inflasi ringan (creeping inflation), Inflasi sedang, Inflasi berat,dan Hiperinflasi. (Baca : Macam-Macam Inflasi Menurut Tingkat Keparahan atau Laju Inflasi) Berikut ini akan diuraikan jenis inflasi lainnya menurut penyebab awalnya.

1. Inflasi tarikan permintaan ( demand pull inflation.)


Adalah inflasi yang disebabkan adanya kenaikan permintaan. Kenaikan permintaan ini sering dinamakan kelebihan permintaan. Kenaikan permintaan masyarakat akan barang-barang dan jasa ini bisa disebabkan oleh:
  • Bertambahnya pengeluaran pemerintah yang dibiayai dengan pencetakan uang baru;
  • Bertambahnya investasi swasta karena adanya kredit murah; dan
  • Bertambahnya permintaan barang-barang ekspor.
Apabila permintaan barang-barang tersebut bertambah terus-menerus, sedangkan seluruh faktor-faktorproduksi sudah sepenuhnya digunakan maka hal ini akan mengakibatkan kenaikan harga. Kenaikan harga yang secara terus-menerus inilah yang disebut inflasi. Inflasi yang disebabkan oleh adanya kenaikan permintaan inilah yang dinamakan inflasi tarikan (Demand Pull Inflation).

2. Inflasi dorongan ongkos produksi (cost push inflation)
Adalah inflasi yang disebabkan oleh adanya kenaikan ongkos produksi, maksudnya adalah adanya kenaikan ongkos produksi, misalnya adanya kenaikan upah maka ada kecenderungan produksi akan menurun dan diikuti oleh kenaikan harga.

3. Inflasi permintaan dan penawaran


Jika Demand Pull Inflation dan Cost Push Inflation terjadi secara bersama-sama maka akan timbul yang dinamakan inflasi permintaan dan penawaran yaitu bahwa terjadinya kenaikan permintaan diikuti dengan terjadinya penurunan produksi, sehingga adanya kedua peristiwa ini mengakibatkan harga akan naik terus-menerus.

Sumber pustaka : Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X / penulis, Yuli eko. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:

Materi Lainnya:

0 Response to "Jenis Inflasi Menurut Penyebab Awalnya"

Post a Comment