Piramida Penduduk Menurut Komposisi Penduduk Tua (Konstruktif)



Piramida Penduduk Menurut Komposisi Penduduk Tua (Konstruktif)

Kali ini kita akan membahas tentang jenis piramida penduduk yang terakhir yaitu piramida penduduk menurut komposisi penduduk tua (konstruktif), dimana sebelumnya kita telah membahas dua dua jenis piramida penduduk lainnya yaitu piramida penduduk muda (Ekspansif) dan piramida penduduk dewasa (Stasioner).


Piramida penduduk digunakan untuk menggambarkan suuatu perkembangan sebuah penduduk pada suatu wilayah (region) dan pada saat tertentu. Biasanya penggolongan penduduk yang dijadikan piramida penduduk ini berdasarkan dari umur dan jenis kelamin.Piramida penduduk pada umumnya disajikan dalam bentuk grafik batang yang menggambarkan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan pada setiap kelompok usia tertentu.

Seperti yang telah kita singgung pada awal tadi bawah piramida penduduk dibedakan dan diklasifikasikan menjadi tiga jenis, antara lain piramida  penduduk dewasa (Stasioner), piramida penduduk muda (Ekspansif), dan piramida penduduk tua (Konstruktif). Apa itu piramida penduduk tua (konstruktif) dan bagaimana bentuknya?

Piramida penduduk tua (konstruktif) merupakan sebuah grafik yang menggambarkan penurunan angka kelahiran lebih pesat daripada angka kematian. Bila hal ini terjadi terus-menerus, akan menyebabkan berkurangnya jumlah penduduk daerah/ negara yang bersangkutan. Jika dilihat piramida penduduk muda ini muncul dengan bentuk piramida penduduk menyerupai guci terbalik. Bentuk selengkapnya dari piramida penduduk muda dapat dilihat pada gambar diatas.

Adapun ciri-ciri dari Piramida penduduk muda (ekspansif) ialah Jumlah penduduk usia muda (0–19 tahun) dan usia tua (di atas usia 64 tahun) sangat kecil, Jumlah penduduk yang tinggi terkonsentrasi pada ke lompok usia dewasa, Angka kelahiran sangat rendah, demikian juga angka kematian, Pertumbuhan penduduk sangat rendah mendekati nol, bahkan pertumbuhan penduduk sebagian mencapai tingkat negatif, dan Jumlah penduduk cenderung berkurang dari tahun ke tahun.


Materi Lainnya:

0 Response to "Piramida Penduduk Menurut Komposisi Penduduk Tua (Konstruktif)"

Post a Comment