Tujuan Membuat Jurnal Penyesuaian



Tujuan dibuatnya jurnal penyesuaian

Saldo-saldo akun yang tampak dalam neraca saldo, sebetulnya merupakan ringkasan transaksi perusahaan selama satu periode akuntansi. Akun-akun dalam neraca saldo terdiri dari dua golongan yaitu riil dan akun nominal.


Akun riil terdiri atas kelompok harta, utang, dan modal, yang saldo-saldonya sebagai bahan laporan neraca. Akun riil sering disebut juga akun neraca. Akun nominal terdiri atas kelompok pendapatan dan beban, yang saldonya sebagai bahan laporan laba rugi. Akun nominal sering disebut akun laba rugi.

Dalam hal perusahaan jasa, ada enam macam hal yang sering terjadi dan memerlukan penyesuaian pada akhir periode akuntansi diantaranya sebagai berikut.

  1. Penyesuaian untuk akun perlengkapan, karena adanya perlengkapan yang habis digunakan (dipakai).
  2. Penyesuaian untuk akun aktiva tetap, karena adanya penyusutan nilai harta tetap tersebut.
  3. Penyesuaian untuk beban dibayar di muka (piutang beban), karena adanya beban yang telah lewat waktu.
  4. Penyesuaian untuk akun pendapatan diterima di muka (utang pendapatan), karena adanya pendapatan yang telah lewat waktu.
  5. Penyesuaian untuk beban yang akan dibayar (utang beban), karena jasanya telah dinikmati tetapi bebannya belum dibayar.
  6. Penyesuaian untuk pendapatan yang akan diterima (piutang pendapatan) atau karena jasanya telah diberikan tetapi hasilnya belum diterima.
Jurnal penyesuaian dibuat dengan tujuan pada akhir periode antara lain adalah sebagai berikut.
  1. Untuk memisahkan akun-akun yang sifatnya masih campuran (mixed account) menjadi dua macam, yaitu akun riil dan akun nominal.
  2. Agar pada akhir periode, akun-akun riil khususnya aktiva dan utang di dalam neraca menunjukkan jumlah yang sebenarnya.
  3. Agar pada akhir periode, akun-akun nominal yaitu akun pendapatan dan akun beban menunjukkan jumlah uang yang benar-benar menjadi pendapatan dan beban dalam periode yang bersangkutan.

Nah, itu lah beberapa tujuan dibuatnya jurnal penyesuaian, jika teman-teman mengetahui tujuan lain dari dibuatnya jurnal penyesuaian dalam sebuah perusahaan bolehlah teman-teman berbagi dengan kita semua dengan menuliskannya pada kotak komentar yang terdapat dibawah. Semoga penjelasan diatas dapat membantu dan menambah pengetahuan teman-teman semua.

Sumber pustaka : Ekonomi 2 : Untuk SMA/MA Kelas XI / Oleh Sukardi ; Editor Titik Maryani ; Ilustrator Haryana Humardani. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Tujuan Membuat Jurnal Penyesuaian"

Post a Comment