Klasifikasi Transaksi Keuangan Dalam Akuntansi



Klasifikasi Transaksi Keuangan Dalam Akuntansi

Menurut pihak yang melakukan, transaksi keuangan dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu transaksi keuangan intern dan transaksi keuangan ekstern. Menurut sumbernya, transaksi keuangan dibedakan menjadi, transaksi yang memengaruhi modal dan transaksi yang memengaruhi kegiatan operasi perusahaan.


Transaksi Keuangan Internal

Pengertian transaksi keuangan internal adalah serangkaian transaksi yang terjadi secara internal tanpa melibatkan pihak dari luar perusahaan. Contoh transaksi keuangan internal yaitu, penetapan pemakaian perlengkapan, dan penetapan jumlah piutang tak tertagih.

Transaksi Keuangan Eksternal

Pengertian transaksi keuangan eksternal adalah serangkaian transaksi yang berkaitan dengan operasi perusahaan, contoh transaksi keuangan eksternal yaitu, pembelian peralatan, dan pertukaran barang/jasa.

Transaksi Modal

Pengertian transaksi modal adalah serangkaian transaksi yang memengaruhi modal pemilik (persero) perusahaan. contoh transaksi modal yaitu Setoran modal dan Pengambilan/penarikan modal.

Transaksi Usaha

Pengertian transaksi usaha adalah serangkaian transaksi yang berkaitan dengan operasi perusahaan. Contoh transaksi usaha adalah pembelian peralatan dan pembelian barang.


Materi Lainnya:

0 Response to "Klasifikasi Transaksi Keuangan Dalam Akuntansi"

Post a Comment