Pengertian Akun Modal (Equility), Akun Pendapatan, dan Akun Beban Dalam Akuntansi



Pengertian Akun Modal (Equility), Akun Pendapatan, dan Akun Beban

Pengertian modal adalah selisih antara harta dan kewajiban, dan merupakan hak pemilik perusahaan atas sebagian harta perusahaan. Akuntansi modal pada perusahaan perseorangan disertai nama pemilik, sedangkan akuntansi modal pada persekutuan disertai dengan nama sekutu.


Pada perusahaan Perseroan Terbatas, akuntansi modal disebut dengan modal saham. Pengertian akun pendapatan adalah hasil atau penghasilan yang diperoleh perusahaan. Pendapatan dibedakan atas:

  1. Pendapatan usaha, yaitu pendapatan yang berhubungan langsung dengan kegiatan usaha;
  2. Pendapatan di luar usaha, yaitu pendapatan yang tidak berhubungan langsung dengan kegiatan usaha, misalnya sebuah perusahaan dagang menyewakan sebagian ruang yang tidak dipakai untuk kegiatan usaha pihak lain.

Pengertian akun beban adalah pengorbanan yang terjadi selama melaksanakan kegiatan usaha untuk memperoleh pendapatan. Akun beban dapat dibedakan atas:

  1. Beban usaha, yaitu pengorbanan yang langsung berhubungan dengan kegiatan usaha;
  2. Beban lain-lain, yaitu pengorbanan yang tidak langsung berhubungan dengan kegiatan pokok usaha, misalnya beban bunga yang dibayar oleh perusahaan pada saat tertentu atas pinjaman yang diperoleh dari bank.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Akun Modal (Equility), Akun Pendapatan, dan Akun Beban Dalam Akuntansi"

Post a Comment