Pengertian Kata Jargon, Slang, dan Prokem



Pengertian Kata Jargon, Slang, dan Prokem

Jargon atau kata sansi atau kode rahasia, yaitu yaitu kata teknis yang digunakan secara terbatas dalam bidang ilmu, profesi, atau kelompok tertentu, misalnya oleh kalangan militer, dokter, dan perkumpulan rahasia.


Contoh Kata Jargon : Prokon (Pro dan Kontra), Sikon (Situasi dan Kondisi), Dok (Dokter), Prik (Suntik), dan kata-kata sandi lainnya.

Slang adalah kata-kata nonbaku yang dibentuk secara khas sebagai cetusan keinginan akan sesuatu yang baru atau sesuatu yang lain dari yang lain. Bersifat sementara dan segera hilang bila sudah terasa usang.

Contoh Kata Slang : mana tahan, selangit, dan lain-lain.

Prokem atau bahasa remaja adalah bahasa dengan ciptaan kata-kata khusus yang pada umumnya hanya dipahami oleh para remaja, terbatas dalam lingkup atau daerah tertentu. Bahasa ini terdiri atas beberapa jenis, yaitu :

  1. Pembalikan suku-suku kata, seperti rebes dari beres, jabu laming dari baju maling.
  2. Kata-kata baku atau nonbaku yang diperlukan sebagai singkatan atau akronim, seperti pilot artinya papi pilot, getol artinya gede tolol.
  3. Singkatan atau akronim baku diberi kepanjangan atau arti baru, seperti "MPRS" artinya muak penuh rasa sebal, "BAPENAS" artinya badan perlu nasi.
  4. Kata atau akronim ciptaan para remaja sendiri, seperti "assoy" artinya asyik sekali, "melupem" artinya mentang-mentang lu pemimpin.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Kata Jargon, Slang, dan Prokem"

Post a Comment