Pengertian atau Defenisi dari Organisasi Sosial Politik | simpleNEWS05



Pengertian atau Defenisi dari Organisasi Sosial Politik
Pengertian atau Defenisi dari Organisasi Sosial Politik ~ Organisasi sosial politik adalah kelompok terorganisasi yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama. Tujuan organisasi politik ialah untuk memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik (biasanya secara konstitusional) dan melaksanakan kebijaksanaan – kebijaksanaan organisasinya.

Keberadaan organisasi sosial politik era Orde Baru, telah diatur dalam UU No. 3 Tahun 1975, jo. UU No. 3 Tahun 1985 tentang Partai Politik dan Golkar dan pada Era Reformasi diganti dengan UU No. 2 tahun 1999. Partai Politik adalah setiap organisasi yang dibentuk oleh warga Negara RI secara sukarela atas dasar persamaan kehendak untuk memperjuangkanbaik kepentingan anggotanya maupun bangsa dan Negara melalui pemilu. (sumber : dikutip dari buku)


Secara umum, partai politik dikatakan sebagai suatu kelompok terorganisir yang anggotanya mempunyai orientasi, nilai, dan cita-cita yang sama. Kelompok ini bertujuan untuk memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik dengan cara konstitusional. Ada beberapa pengertian partai politik, antara lain sebagai berikut.

1. Carl J. Fredrich (Miiriam Budiardjo : 2008)
Partai adalah sekelompk manusia yang terorganisir secara stabil dengan tujuan merebut atau mempertahankan penguasaan terhadap pemerintahan bagi pemimpin partainya dan berdasarkan penguasaan ini memberikan kepada anggotanya kemanfaatan yang bersifat idiil dan material.
2. Roger H.Soltau (Miiriam Budiardjo : 2008)
Partai politik adalah sekelompok warga negara yang sedikit banyak terorganisir, yang bertindak sebagai suatu politik dengan memanfaatkan kekuasaannya untuk memiliki dan bertujuan menguasai pemerintahan dan melaksanakan kebijaksanaan umum mereka.

3. Sigmaun Neumann (Miiriam Budiardjo : 2008)
Partai politik adalah organisasi dari aktivitas politik yang berusaha untuk menguasai kekuasaan pemerintahan serta merebut dukungan rakyat atas dasar persaingan dengan suatu golongan atau golongan lain yang mempunyai pandangan yang berbeda.

Baca juga:

Materi Lainnya:

1 Response to "Pengertian atau Defenisi dari Organisasi Sosial Politik | simpleNEWS05"

  1. Thanks gan udah mampir, situsnya bagus gan seputar hijab..., :)

    ReplyDelete