Pengertian Wilayah Homogen, Wilayah Nodal, Wilayah Perencanaan, dan Wilayah Administrasi



Ilustrasi, [image by edukasicenter.blogspot.com], 
Wilayah merupakan suatu daerah yang mempunyai ciri-ciri atau kekhasan tersendiri yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Misalnya daerah tersebut terdapat kegiatan ekonomi, pola pertanian, kegiatan pertambangan dan lain sebagainya.

Jika ditinjau berdasarkan ciri-ciri umumnya, wilayah dapat dibedakan menjadi empat (4) macam yaitu wilayah homogen, wilayah nodal, wilayah perencanaan, dan wilayah administrasi.

1. Wilayah Homogen
Wilayah homogen merupakan wilayah yang memiliki satu parameter dengan sifat atau ciri yang hampir sama. Misalnya wilayah yang memiliki kesamaan di sektor ekonomi, seperti daerah yang memiliki tingkat produksi dan konsumsi yang sama, daerah yang memiliki kesamaan kondisi geografis, misal wilayah pertanian, sabana, atau padang rumput.

2. Wilayah Nodal


Wilayah nodal merupakan wilayah yang secara fungsional memiliki sifat saling ketergantungan antara daerah pusat dengan daerah di sekitarnya. Besarnya ketergantungan antara pusat dan daerah dapat dilihat dari faktor produksi, penduduk, barang, dan jasa, maupun perhubungan di antara keduanya. Contoh, wilayah nodal adalah kota.

3. Wilayah Perencanaan
Wilayah perencanaan dapat diartikan sebagai wilayah yang menggambarkan kesatuan-kesatuan keputusan ekonomi. Wilayah perencanaan memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  • Masyarakat yang berada di wilayah perencanaan mempunyai kesadaran terhadap permasalahan yang dihadapi daerahnya.
  • Memiliki kemampuan untuk merubah industri yang dilaksanakan sesuai dengan tenaga kerja yang tersedia.
  • Menggunakan salah satu model perencanaan.
  • Memiliki setidaknya satu pusat pertumbuhan.


Contoh dari wilayah perencanaan antara lain sebagai berikut.
  • Perencanaan wilayah daerah aliran sungai (DAS), dalam perencanaan suatu DAS harus dikelola secara menyeluruh mulai dari hulu sampai hilir karena pengelolaan di hulu akan berakibat di hilir.
  • Wilayah Jabotabek, merupakan wilayah perencanaan dalam pembangunan dari segi fisik dan ekonomi di daerah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.
4. Wilayah Administrasi
Wilayah administrasi merupakan wilayah yang mendasarkan pada kepentingan administrasi pemerintahan dengan batas yang telah ditentukan. Contoh wilayah administrasi adalah kabupaten, kecamatan, desa, dan lain sebagainya.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Wilayah Homogen, Wilayah Nodal, Wilayah Perencanaan, dan Wilayah Administrasi"

Post a Comment