Penjelasan Mengenai Rekapitulasi Jurnal Khusus



Penjelasan Mengenai Rekapitulasi Jurnal Khusus

Setelah semua bukti transaksi dicatat dalam jurnal, langkah selanjutnya adalah meindahkan data jurnal ke buku besar. Namun, perlu diingat bahwa berhubung jurnal telah dikelompokkan menurut jenis transaksinya, maka pemindahan kedalam buku besar tidak perlu dilakukan setiap hari, tetapi cukup dilakukan secara berkala, biasanya pada tiap akhir bulan.


Sebelum data jurnal dipindahbukukan ke buku besar, terlebih dahulu dilakukan rekapitulasi atau membuat ikhtisar dari jurnal khusus yang ada, yaitu menjumlahkan secara global angka tiap-tiap kolom yang terdapat dalam jurnal khusus sekaligus menetapkan akun apa saja yang harus dikelompokkan di debit dan dikelompokkan dikredit.

Rekapitulasi jurnal khusus dilakukan dengan maksud seperti berikut.
  1. Mempermudah pemindahan data jurnal ke uku besar. Hal ini disebabkan tidak dilakukan terhadap tiap transaksi secara sendiri-sendiri, melainkan secara kolektif.
  2. Menjamin ketepatan dan kebenaran jumlah yang harus dipindahkan ke buku besar yang bersangkutan.
  3. Memperoleh informasi mengenai kegiatan atau transaksi yang dilakukan perusahaan, misalnya total penjualanselama satu bulan atau jumlah pengeluaran uang selamasatu bulan.

Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Rekapitulasi Jurnal Khusus"

Post a Comment