Bagian-Bagian Dari Mesin Stone Crusher



Bagian-Bagian Dari Mesin Stone Crusher

Sudah kita ketahui dalam artikel sebelumnya mengenai penjelasan dan fungsi mengenai mesih Stone Crusher atau Mesin Pemecah Batu, serta sebelumnya kita juga telah mengetahui tentang tipe-tipe dari Mesin Stone Crusher yang biasa digunakan dalam proses atau tahap pemecahan tahap pertama (Primary Crusher), Tahap kedua (Secondary Crusher) dan Tahap ketiga (Tertiary Crusher).


Sekarang waktunya kita perlu mengetahui juga mengenai bagian-bagian utama dari mesin Stone Crusher tersebut. Pada umumnya Mesin Stone Crusher terdiri dari lima bagian penting, setiap bagian-bagian ini mempunyai fungsi yang sangat strategis dalam sebuah mesin.

Bagian-bagian ini dimaksudkan untuk mengatur dan menyalurkan material-material yang masuk atau juga material-material hasil pemecahan yang telah dipisah-pisahkan menurut gradasinya. Bagian-bagian crusher tersebut antara lain yaitu :

1. Feeder dan Hopper

 Fedeer dan hopper adalah komponen dari peralatan pemecah batu yang  berfungsi mengatur aliran dan pemisah bahan – bahan serta penerima bahan baku  (raw material). Fungsi utama feeder adalah mengatur aliran bahan batuan yang  masuk kedalam pemecah batu. Beberapa tipe dari feeder antara lain :

  • Appron feeder, umumnya dipakai untuk batuan yang akan dimasukkan ke  dalam primary crusher. Feeder ini direncanakan sebagai heavy duty  construction untuk menahan beban kejut dari batuan yang ditumpahkan.
  • Reciprocating plate feeder (plat pengumpan bolak – balik), biasanya  dipakai untuk material yang diambil dari gravel pit, material ini umumnya  berukuran kecil yang kadang – kadang tidak perlu pemecahan sehingga  harus dikelurkan dari material yang besar.  10
  • Grizzly feeder (saringan pemisah pertama), hampir sama dengan appron  feeder, hanya diberikan penambahan untuk sekedar memilih ukuran batu  yang akan dipecahkan. Pada feeder jenis ini, butiran – butiran yang  ukurannya lebih kecil dari ukuran rongga pada rantai feeder akan  berjatuhan keluar.
  • Chain feeder, pada chain feeder batu masuk karena berat sendiri melalui  suatu penyalur.
2. Scalping Unit (saringan kisi – kisi)

Scalping unit sering dipakai sebagai lanjutan feeder, scalping unit ini  berupa kisi – kisi (grid) yang diam (stationery) atau bergetar (vibratiory motion).

3. Grizzly Bar (batang – batang pemisah)

Grizzly bar juga dipakai pada scalping unit, konstruksinya berupa batang –  batang (bars) besi paralel yang satu sama lainnya diberi jarak antara, dipasang  miring ke arah pit sehingga batu yang ukurannya lebih besar dari jarak antara  batang – batang tadi hanya akan melewatinya, tidak masuk ke dalam crusher.  Jarak antara batang – batang besi tadi dapat diatur sesuai dengan ukuran batu  (feed) yang diinginkan oleh primary crusher.

4. Conveyor atau Bucket Elevator

Adalah komponen dari peralatan pemecah batu yang berfungsi untuk  memindahkan material secara langsung dalam suatu proses dari satu unit ke unit  lain. Fungsi conveyor pada peralatan pemecah batu biasanya terdiri dari unit joint  conveyor (fungsi penyambung atau perantara), discharge conveyor  (mendistribusikan ke stock pile), feed conveyor (fungsi pemasok), return conveyor  (fungsi balik untuk dipecah lagi).

5. Bin dan Hopper Bawah

Adalah komponen pada peralatan pemecah batu yang berfungsi untuk  menampung sementara, atau sebagai container yang besar untuk penyimpanan  material permanen dari material dari stock pile.


Materi Lainnya:

0 Response to "Bagian-Bagian Dari Mesin Stone Crusher"

Post a Comment