Ciri-Ciri Koperasi Sekolah



Ciri-Ciri Koperasi Sekolah, [Image by calongurusekolahdasar.wordpress.com],
Ciri-Ciri Koperasi Sekolah ~ Koperasi sekolah merupakan koperasi yang anggotanya murid-murid Sekolah Dasar, Pendidikan Menengah (SMP dan SMA), dan sekolah/pendidikan yang setingkat dengan itu, baik negeri atau swasta. Koperasi sekolah memiliki kekhususan atau dibandingkan dengan koperasi pada umumnya, sebab koperasi sekolah mempunyai ciri atau karakteristik yang sangat berbeda dengan koperasi-koperasi lainnya.

Ciri atau karakteristik dari koperasi sekolah yang pertama yaitu berasaskan kekeluargaan beda halnya dengan koperasi pada umumnya yang berasaskan kekeluargaan.

Ciri yang kedua pada koperasi sekolah yaitu keanggotaannya meliputi semua siswa yang terdapat pada sekolah tersebut otomatis menjadi anggota koperasi, berbeda dengan koperasi pada umumnya yang anggotanya dari sukarela. ciri selanjutnya adalah tujuan utama dari koperasi sekolah ini yaitu pembinaan dan pendidikan, sedangkan pada koperasi pada umumnya tujuannya untuk mencapai kesejahteraan anggota koperasi.
Ciri atau karakteristik yang keempat yaitu modal pada koperasi sekolah berasal dari simpanan, pokok, simpanan wajib, cadangan SHU, dan hibah (pemberian), berbeda halnya dengan koperasi pada umumnya yang menambahkan pinjaman pada salah satu sumber modalnya.

Pada ciri kekuasaan tertinggi, koperasi sekolah maupun koperasi pada umumnya kekuasaan tertinggi pada rapat anggota. Bentuk lembaga pada koperasi sekolah tidak berbadan hukum (karena siswa sebagai anggotanya belum dewasa sehingga belum bisa bertindak secara hukum, beda halnya dengan koperasi pada umumnya yang berbadan hukum.


Daftar pustaka : Ekonomi 3 : Untuk Kelas XII SMA dan MA / penulis,Chumidatus Sa’dyah, Dadang Argo P ; editor, Nukman Hana, Asti Yulia ; illustrator, Toto Rianto, Rochman Suryana. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga:

Materi Lainnya:

0 Response to "Ciri-Ciri Koperasi Sekolah"

Post a Comment