Tahapan Proses Siklus Air (H2O) | simpleNEWS05



Siklus Air (H2O)
Tahapan Proses Siklus Air (H2O) ~ Sebagian besar tubuh makhluk hidup terdiri atas air. Ada bahkan makhluk hidup yang 95 persen berat tubuhnya terdiri dari air. Air dalam tubuh sangat penting. Air berguna untuk melarutkan bermacam-macam zat, untuk mengangkat zat-zat, dan untuk melangsungkan terjadinya reaksi-reaksi kimia.

Maka dari itu setiap kali makhluk hidup melepaskan air dalam tubuhnya mungkin dengan jalan penguapan, mungkin dengan pernapasan, atau mengeluarkan keringat, atau mengeluarkan air seni atau kotoran, makhluk hidup perlu mendapatkan ganti untuk air yang dikeluarkannya itu.

Hewan dan manusia mengambil air dalam bentuk minuman atau makanan, sedangkan tumbuhan mengisap air dengan menggunakan akar. dalam proses pertukaran zat (metabolisme), makhluk hidup mengeluarkan sisa. Sisa yang dikeluarkan dari tubuh makhluk hidup berupa uap air yang dikeluarkan paru-paru, keringat dikeluarkan kulit, dan air kencing dikeluarkan ginjal.

Oleh karena pengaruh panas dari sinar matahari, air laut, danau, sungai, dan air yang terdapat dipermukaan tanah menguap. Uap air pindah ke udara (atmosfer). Oleh karena temperatur di atmosfer rendah, uap air berubah menjadi air atau salju.

Kemudian, turun ke permukaan bumi, misalnya kelaut, danau, sungai, dan gunung. Kemudian terulang lagi diambil makhluk hidup, dikeluarkan, berubah menjadi uap air, ke atmosfer, turun dalam bentuk air hujan atau salju, dan seterusnya sehingga merupakan siklus. (sumber : dikutip dari buku)

Baca juga:

Materi Lainnya:

0 Response to "Tahapan Proses Siklus Air (H2O) | simpleNEWS05"

Post a Comment