Pengertian Erupsi atau Letusan Gunung Api



Pengertian Erupsi atau Letusan Gunung Api [Image by nrmnews.com],
Pasti teman-teman sering mendengar tentang istilah erupsi gunung api, akhir-akhir ini kata erupsi gunung api sudah menjadi perbincangan hangat di negara kita. Apa lagi kalau bukan yang sekarang ini terjadi yaitu erupsi gunung api yang banyak terjadi di gunung-gunung berapi yang ada di Indonesia, salah satunya adalah erupsi gunung api Sinabung, salah satu gung aktif didaerah propinsi Sumatera Utara yang hingga saat ini terus memperlihatkan aktifitasnya berupa erupsi.

Erupsi Gunung api atau letusan Gunung api merupakan proses yang terjadi didalam gunung api itu sendiri, yang berupa keluarnya magma dari dalam gunung api tersebut. Magma yang keluar dari gunung api akibat erupsi atau letusan disebut lava, selain lava ada beberapa bahan material lainnya yang ikut keluar dari perut gunung api saat meletus, diantaranya ialah eflata atau bahan piroklastik ada pula Lahar.
Baca juga informasi lainnya yang berhubungan dengan Gunung Api dibawah ini:


Lahar merupakan campuran antara lava dengan material berupa tanah, batuan, pasir, dan air sehingga membentuk lumpur. Sedangkan Bahan piroklastik merupakan materialmaterial lepas dengan berbagai ukuran, mulai dari bom (bongkah batuan besar), lapilli, kerikil, pasir vulkanis, sampai ukuran yang sangat halus yaitu debu vulkanis.

Sebuah gunungapi yang akan meletus pada umumnya memperlihatkan tanda-tanda yang dapat diamati oleh penduduk di sekitarnya. Gejala alam yang menjadi indikasi gunungapi akan meletus antara lain:
  • Suhu di sekitar kawah mengalami peningkatan dari rata-rata suhu normal;
  • Sumber air yang terletak di sekitar wilayah tersebut banyak yang tiba-tiba kering;
  • Banyak pohon-pohon yang tumbuh di sekitar areal gunung mengering dan mati;
  • Sering terjadi getaran-getaran gempa, baik yang skalanya kecil maupun besar yang kadang-kadang disertai suara gemuruh;
  • Binatang-binatang liar yang hidup di sekitar gunungapi banyak yang mengungsi ke wilayah lain.

Sumber pustaka : Geografi 1 Membuka Cakrawala Dunia : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah / penulis, Bambang Utoyo ; penyunting, Paula Susanti . -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Erupsi atau Letusan Gunung Api"

Post a Comment