Pengertian dan Macam-Macam Skala Pada Peta



Pengertian dan Macam-Macam Skala Pada Peta [image by www.kuakap.com],

Pernahkah anda melihat sebuah peta? pada sebelah bawah peta dekat dengan agenda terdapat angka-angka yang bertuliskan 1 : 2.500.000. Apa sebenarnya maksud dari angka tersebut, apakah angka tersebut merupakan penghiasa peta saja ataukah ada arti khususnya sehingga angka tersebut tercantum dalam peta. Nah, untuk mengetahuinya mari membaca penjelasan berikut ini.


Angka yang dimaksud diatas adalah sebuah Skala, Skala adalah angka yang menunjukkan perbandingan jarak mendatar pada peta dengan jarak sebenarnya di lapangan. Peta yang baik selalu mencantumkan skala sehingga ukuran jarak, luas, dan bentuk pada peta sesuai dengan keadaan di lapangan.

Sudah tahu kan apa itu skala? apakah anda juga tahu bahwa skala itu ada bermacam-macam? Secara umum, skala yang banyak digunakan pada peta terdiri atas tiga macam, yaitu skala angka, skala verbal, dan skala garis. Berikut ini akan dibahas satu persatu dari ketiga macam skala tersebut.

1. Skala angka (Numberical Scale)

Sakala angka atau numberical scale yaitu skala yang dinyatakan dalam bentuk angka pecahan dengan menggunakan satuan ukuran sentimeter (cm). Contoh: Skala 1 : 2.500.000 bisa ditulis 1 / 2.500.000 (dibaca 1 banding 2.500.000), artinya setiap jarak mendatar 1 cm pada peta sama dengan 2.500.000 cm atau 25 km jarak di permukaan bumi sebenarnya.

2. Skala verbal (verbal scale)

Skala verbal atau verbal scale yaitu skala yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata. Contoh: 1 cm berbanding 10 km , artinya setiap jarak mendatar 1 cm pada peta sama dengan 10 km jarak sebenarnya di permukaan bumi.

3. Skala garis (graphical scale)

Skala garis atau graphical scale yaitu skala yang ditunjukkan dengan garis lurus yang dibagi-bagi dalam bagian yang sama. Setiap bagian menunjukkan kesatuan panjang yang sama untuk menunjukkan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi.

Contoh:
0  1   2    3    4    5    cm
0  5  10  15  20  25   km
artinya setiap jarak mendatar 5 cm pada peta sama dengan 25 km jarak sebenarnya di permukaan bumi.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dan macam-macam skala pada peta, sekarang kita tahu bahwa skala itu merupakan angka yang menunjukkan perbandingan jarak mendatar pada peta dengan jarak sebenarnya di lapangan. Kita juga mengetahui bahwa skala itu ternyata terdiri dari tiga macam yaitu Sakala angka atau numberical scale, Skala verbal atau verbal scale, dan Skala garis atau graphical scale.

Sumber pustaka : IPS / Budi Sanjaya, Farida Sarimaya, Iyus Andi Nugraha, Nanang Sukandar, Nian Tresnawati, Yeti Royeti ; editor, Dimas Handi Hijrah Saputra.—Jakarta : Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Skala Pada Peta"

Post a Comment