Penjelasan Mengenai Angin Siklon dan Antisiklon



Penjelasan Singkat Mengenai Angin Siklon dan Antisiklon

Angin Siklon merupakan angin yang masuk ke daerah pusat tekanan rendah(daerah depresi) yang dikelilingi oleh wilayah-wilayah pusat tekanan tinggi kemudian berputar mengelilingi garis-garis isobar. Arah putaran siklon di Belahan Bumi Utara berbeda dengan di Belahan Bumi Selatan.


Gerakan angin siklon di Belahan Bumi Utara berlawanan dengan arah putaran jarum jam, sedangkan di Belahan Bumi Selatan searah dengan jarum jam. Kebalikan dari angin siklon adalah angin antisiklon, yaitu angin yang bergerak keluar dari daerah pusat tekanan tinggi berputar mengelilingi garis-garis isobar menuju daerah-daerah tekanan rendah di sekitarnya.

Di Belahan Bumi Utara, gerakan angin antisiklon searah dengan putaran jarum jam, sedangkan di Belahan Bumi Selatan berlawanan dengan arah jarum jam. Berbeda dengan angin siklon, massa udara antisiklon memiliki kecepatan gerak tidak terlalu tinggi.

Secara umum, angin siklon dibedakan menjadi tiga, yaitu angin siklon tropik, angin siklon ekstra tropik, dan angin tornado. Berikut penjelasan dari ketiga jenis angin siklon.

  1. Siklon Tropik, merupakan salah satu jenis angin siklon yang terjadi di wilayah-wilayah antara lintang 10° LU–10° LS. Sebagian besar siklon tropik terjadi pada akhir musim panas menjelang musim gugur. Beberapa contoh fenomena siklon tropik, antara lain Hurricane (Samudera Atlantik dan Pasifik Timur), Cathrine (Amerika Serikat), Typhoon (Samudera Atlantik Barat sekitar Kepulauan Jepang), Bagieros (pantai Filipina), Willy-Willies (pantai Australia), dan Lena (Samudra Hindia).
  2. Siklon Ekstra Tropik, merupakan salah satu jenis angin siklon yang terjadi di daerah iklim sedang antara lintang 35°–65°, baik lintang utara maupun selatan. Badai ini terjadi akibat pertemuan massa udara panas yang datang dari wilayah subtropik dengan massa udara dingin yang dating dari daerah kutub. Pertemuan kedua massa udara tersebut dinamakan bidang front.
  3. Tornado, merupakan angin siklon lokal di Amerika Serikat dengan putaran angin yang relatif kecil tapi memiliki kecepatan gerak yang sangat tinggi sehingga sering kali menghancurkan daerah-daerah yang dilaluinya.
Demikian penjelasan singkat mengenai angin siklon dan angin atisiklon yang kami kutip dari sumber yang tertera dibawah ini, semoga postingan ini dapat menambah pengetahuan teman-teman mengenai iklim dan cuaca khususnya angin siklon dan angin antisiklon.




Sumber pustaka : Geografi 1 Membuka Cakrawala Dunia : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah / penulis, Bambang Utoyo ; penyunting, Paula Susanti . -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Angin Siklon dan Antisiklon"

Post a Comment