Penjelasan Mengenai Pancasila Sebagai Dasar Negara



Penjelasan Mengenai Pancasila Sebagai Dasar Negara

Sebagai dasar negara, Pancasila tercantum di dalam Alinea IV Pembukaan UUD 1945 yang merupakan landasan yuridis konstitusional dan dapat disebut sebagai ideologi negara. Pancasila, sebagai dasar negara, digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosal budaya, dan hankam.


Sebagai dasar negara, Pancasila mempunyai kekuatan mengikat secara hukum sehingga semua peraturan hukum atau ketatanegaraan yang bertentangan dengan Pancasila harus dicabut. Perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, dalam bentuk peraturan perundang-undangan bersifat imperatif (mengikat) bagi :

  1. Penyelenggara negara,
  2. Lembaga kenegaraan,
  3. Lembaga kemasyarakatan,
  4. Warga negara Indonesia di mana pun berada, dan
  5. Penduduk di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam tinjauan yuridis konstitusional, Pancasila sebagai dasar negara berkedudukan sebagai norma objektif dan norma tertinggi dalam negara, serta sebagai sumber segala sumber hukum sebagaimana tertuang di dalam Ketetapan MPRS No. /MPRS/1966, jo. Tap. MPR No. V/MPR/1973, jo. Tap. MPR No. IX/MPR/1978. Penegasan kembali Pancasila sebagai dasar negara, tercantum dalam Tap. MPR No. XVIII.MPR/1998.


Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Pancasila Sebagai Dasar Negara"

Post a Comment