Macam-Macam Proses Produksi



Macam-Macam Proses Produksi

Produksi adalah setiap tindakan yang menciptakan atau menambah faedah atau manfaat (utility). Produksi mencakup setiap usaha manusia yang baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam menghasilkan barang dan jasa supaya (lebih) berguna untuk memenuhi suatu kebutuhan manusia.


Untuk membuat barang-barang tertentu sering kali diperlukan kerja sama antara beberapa bidang produksi atau lapangan usaha. Hal ini tampak dengan jelas apabila kita mengikuti langkah-langkah proses produksi suatu barang. Suatu proses produksi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :

  1. Proses produksi terus-menerus atau proses produksi kontinu, yaitu suatu proses produksi dimana bahan-bahan yang diolah mengalir secara berurutan melalui beberapa tingkat pengerjaan hingga bahan yang diolah itu berubah menjadi barang jadi.
  2. Proses ptoduksi berselingan atau proses produksi intermitten, yaitu suatu proses produksi di mana bahan-bahan yang diolah atau diproses tidak mengalir secara terus-menerus, tetapi setiap kali terputus atau berhenti untuk kemudian digabungkan menjadi suatu barang jadi.

Materi Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Proses Produksi"

Post a Comment