Penjelasan Mengenai Pedagang Kecil dan Pedagang Besar Dalam Kegiatan Distribusi



Penjelasan Mengenai Pedagang Kecil dan Pedagang Besar Dalam Kegiatan Distribusi

Distribusi merupakan kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkan barang-barang dan jasa dari produsen (dunia usaha) ke konsumen. Salah satu Perantara yang menyalurkan barang-barang dan jasa dari produsen ke konsumen yaitu kelompok pedagang, kelompok pedagang ini terbagi dua lagi yaitu pedagang kecil atau pengecer (Retailer) dan Pedagang Besar (Whole Seller).


Pedagang Kecil atau Pengecer (Retailer) membeli barang dagangannya dari pedagang besar dan dijual lagi secara langsung kepada konsumen, Konsumen atau pembeli mendatangi penjual untuk membeli barang yang dibutuhkan.

Barang-barang yang dijual terutama barang kebutuhan sehari-hari, misalnya gula, sabun, dan minyak goreng. Oleh karena itu, lokasinyaharus dekat dengan konsumen. Contohnya adalah toko, warung,kios, dan pedagang keliling.

Pedagang Besar (grosir) membeli barang secara besar-besaran (banyak) dari produksen atau pabrik dan menjual kepada pedagang pengecer. Pedagang besar memberi manfaat bukan saja kepada produksen, tetapi juga kepada pedagang kecil. Pabrik dapat memanfaatkan jasa pedagang besar untuk medistribusikan barang ke konsumen.

Terhadap pedagang kecil atau eceran, pedagang besar sering kali memberikan bantuan, bukan saja dalam bentuk kredit jangka pendek, melainkan juga dalam bentuk pemuatan reklame di surat kabar atau majalah dan media massa lainnya tentang barang yang diperdagngkan. Tempat atau lokasi pedagang besar tidak perlu dekat dengan konsumen sebagaimana dalam pedagang eceran.


Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Pedagang Kecil dan Pedagang Besar Dalam Kegiatan Distribusi"

Post a Comment