Tempat Wisata Populer di Nusa Tenggara Timur (NTT)



Nusa Tenggara Timur merupakan satu dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, provinsi yang biasa disingkat NTT ini merupakan provinsi yang terdiri dari beberapa pulau. Jumlah pulau yang membentuk provinsi NTT ini sebanyak 550 pulau, dimana 3 pulau diantaranya merupakan pulau utama yaitu Pulau Flores, Pulau Sumba, dan Pulau Timor bagian barat.


Provinsi Nusa Tenggara Timur terletak di bagian tenggara pada peta Indonesia, dengan batas-batas sebagai berikut Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Flores; Sebelah Timur berbatasan dengan Timor Leste, Provinsi Maluku, dan Laut Banda; Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia; serta pada Sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Nusa Tenggara Timur dikenal karena alamnya yang gersang, walaupun demikian terdapat banyak sekali tempat wisata yang dapat kita kunjungi dan jelajahi disana. Tempat wisata berupa wisata pantai, wisata pulau, wisata alam, serta wisata budaya. Berikut ini tempat wisata populer di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

1. Taman Nasional Komodo
Taman nasional komodo [image by fakta.co.id], 

Taman Nasional Komodo baru-baru ini ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia sebab pada taman nasional ini hidup hewan yang dianggap sebagai sisa-sisa hewan purba yang hanya hidup di Taman Nasional ini yaitu Komodo Dragon.

Secara administratif, Taman Nasional Komodo ini terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT) walaupun bisa juga dijangkau dari Nusa Tenggara Barat (NTB) sebab letak taman ini di perbatasan kedua Provinsi tersebut.

Banyak hal yang dapat anda lakukan jika berwisata ke Taman Nasional Komodo, yaitu melihat kehidupan Komodo Dragon di alam liar, menikmati pemandangan alam yang terdapat di pulau-pulau pada Taman Nasional, menikmati pantai yang indah, bercengkerama dan mengunjungi perkampungan nelayan yang hidup berdampingan dengan Komodo, serta menikmati keindahan alam bawah laut di Taman Nasional Komodo yang sangat erkenal.

2. Danau Kelimutu
Danau kelimutu [image by www.twisata.com], 

Danau Kelimutu terletak di Gunung Kelimutu yang merupakan salah satu gunung berapi yang terdapat di NTT, danau ini berada pada kawasan Taman Nasional Kelimutu. Terletak di Pulau Flores, danau ini menawarkan keindahan bentuk danau yang unik dibandingkan dengan danau-danau lainnya. Keunikannya terletak pada warna danau, danau kelimutu berjumlah tiga dengan warna yang berbeda antara danau satau dengan lainnya.

Selain keindahan dan keunikan danau kelimutu, kita juga dapat menikmati beberapa hal diantaranya, dapat menikmati matahari terbit yang sangat eksotis, menikmati keindahan alam sekitar gunung kalimutu dengan menapaki setapak demi setapak pada gunung kelimutu.

3. Pantai Lasiana
Pantai lasiana [image by sportourism.id], 

Pantai lasiana merupakan salah satu pantai yang sangat indah yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pantai lasiana terletak di ibu kota provinsi NTT yaitu Kupang sehingga sangat mudah untuk dijangkau oleh para wisatawan. Pantai Lasiana menawarkan beberapa keindahan yang dapat anda nikmati, yaitu keindahan pasir putih yang bersih, serta menikmati matahari terbenam dari pantai lasiana sangat indah.

4. Labuan Bajo
Labuan bajo [image by angliawebsites.com], 

Labuan bajo merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo menawarkan beberapa lokasi wisata yang dapat anda nikmati jika berkunjung di daerah ini, beberapa objek wisata yang terdapat di Labuan Bajo ialah antara lain; Pantai Pede, Pantai Gorontalo, Puncak Waringin, Gua Batu Cermin, dan beberapa objek wisata pantai di pulau-pulau sekitar Labuan Bajo, seperti; Wae Cicu, Pulau Bidadari, Batu Gosok/Kanawa, dan Taman Nasional Komodo.

5. Pulau Rote
Salah satu pantai di Pulau Rote [image by www.indonesia-tourism.com], 

Pulau Rote merupakan salah satu dari beberapa pulau yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang istimewa dari Pulau ini ialah disebabkan karena Pulau Rote merupakan pulau paling selatan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pulau yang paling dekat dengan wilayah Australia.

Beberapa lokasi wisata yang dapat dinikmati saat berkunjung di Pulau Rote ialah keindahan pantai, keindahan alam bawah laut, menikmati berselancar dengan ombak yang langsung dari Samudera Hindia, serta kita juga dapat menikmati keindahan perkampungan yang terdapat di Pulau Rote.

6. Pulau Padar
Pulau padar [image by wisatakulineralam.id], 
7. Pulau Alor
Pulau alor [image by www.pedomanwisata.com], 
8. Sawah Lodok
Sawah lodok [image by www.floresa.co], 
9. Goa Batu Cermin
Goa batu cermin [image by lifestyle.okezone.com], 
10. Pantai Batu Biru
Pantai batu biru [image by fenomenaduniaunik.blogspot.co.id], 

Materi Lainnya:

0 Response to "Tempat Wisata Populer di Nusa Tenggara Timur (NTT)"

Post a Comment