Pengertian Bahan Mentah, Bahan Setengah Jadi, dan Bahan Jadi



Pengertian Bahan Mentah, Bahan Setengah Jadi, dan Bahan Jadi

Bahan mentah adalah bahan yang belum pernah mengalami proses pengolahan. Bahan mentah disebut juga bahan baku. Contohnya: dari hasil tambang; minyak bumi, tembaga, timah, perak, batu bara, dan lain-lain; dari hasil hutan; kayu, damar, rotan, dan sebagainya; dari perkebunan; teh, tembakau, kopi, dan sebagainya; dan dari hasil pertanian; padi, palawija, sayuran, dan sebagainya.


Bahan setengah jadi adalah bahan yang sudah diolah tetapi belum menjadi produk akhir atau bahan yang perlu diolah dulu agar dapat memenuhi kebutuhan manusia . Agar menjadi bahan siap pakai perlu pengolahan lebih lanjut. Contohnya, benang; bila diolah lebih lanjut akan menjadi kain. Kain bila diolah lebih lanjut akan menjadi baju yang siap pakai.

Bahan jadi adalah bahan siap pakai yang sudah bisa dikonsumsi atau digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya, tas, sepatu, baju, dan sebagainya.

Sumber pustaka : Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Mintasih Indriayu — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Bahan Mentah, Bahan Setengah Jadi, dan Bahan Jadi"

Post a Comment