Pengertian dan Bagian-Bagian Dari Antropologi Budaya



Pengertian dan Bagian-Bagian Dari Antropologi Budaya [image by habelsamakori.blogspot.com],

Antropologi budaya adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan berbagai bangsa di dunia serta perubahannya. Kebudayaan yang dipelajari tidak hanya kebudayaan manusia yang masih hidup tetapi juga kebudayaan dari manusia yang sudah mati.


Melalui kebudayaan pula, manusia memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan makan, pakaian, obat-obatan, perumahan, dan kebutuhan lainnya. Manusia adalah makhluk sosial. Dalam melakukan hubungandengan individu lain atau dengan kelompok lain, manusia mempergunakan budaya seperti bahasa, sopan santun, dan adat istiadat tertentu.

Mengingat lingkungan alam dn sosial manusia berbeda satu sama lain, kebudayaan pun berbeda antara satu kelompokmasyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya. Berdasarkan bidang kajiannya, Antropologi budaya pun dibagi lagi berdasarkan khususnya, yaitu sebagai berikut.

  1. Arkeologi, adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan sebelum manusia mengenal tulisan, termasuk di dalamnya perkembangan dan penyebaran kebudayaan.
  2. Antropologi linguistik, adalah ilmu yang mempelajari bahasa-bahasa berbagai suku bangsa di dunia.
  3. Etnologi, adalah ilmu yang mempelajari bangsa-bangsa di dunia yaitu tentang cara berpikir dan cara berlaku yang sudah membaku pada orang-orang masa sekarang dan masa lampau, serta memahami sebab dari perbedaan itu.
  4. Antropologi sosial, adalah ilmu yang memplajari tingkah laku sosial dalam bentuk yang sudah terlembagakan, seperti : keluarga, sistemkekerabatan, kultus keagamaan, organisasi politik, dan tata ara hukum.
Sumber pustaka: Enok Maryani. 2003. Antropologi 3 SMU. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Materi Lainnya:

4 Responses to "Pengertian dan Bagian-Bagian Dari Antropologi Budaya"

  1. sumberny darimna ya kalo boleh tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumber pustaka: Enok Maryani. 2003. Antropologi 3 SMU. Bandung: Grafindo Media Pratama.

      Delete