Pengertian dan Bagian-Bagian Dari Antropologi Fisik (Ragawi)



Pengertian dan Bagian-Bagian Dari Antropologi Fisik (Ragawi)

Antropologi fisik (ragawi) adalah cabang Antropologi yang khusus memperlajari manusia dari sudut biologis atau jasmani seperti, asal usul manusia, evolusi organ tubuh manusia, struktur tubuh manusia, dan kelompok-kelompok manusia berdasarkan perbedaan fisik atau ras.


Dalam kepustakaan, Antropologi Fisik terbagi lagi ke dalam dua bagian, yaitu sebagai berikut.
  1. Paleo Antropologi, ialah cabang antropologi yang mengkaji asal usul manusia dan terjadinya evolusi manusia.
  2. Somatologi, ialah cabang Antropologi yang mencoba mencapai pengertian tentang terjadinya aneka warna makhluk hidup manusia dpandang dari segi ciri-ciri fisiknya.
Berdasarkan bidang kajiannya, Harsojo membagi Antropologi Fisik menjadi beberapa cabang yang lebih khusus yaitu sebagai berikut.
  • Paleontologi primata, adalah ilmu yang mempelajari keanekaragaman manusia yang telah musnah dan mempelajari makhluk hidup yang ada kaitannya dengan manusia.
  • Evolusi manusia, adalah ilmu yang mempelajari perkembangan fisik manusia, dari makhluk hidup yang bukan manusia sampai manusia sekarang.
  • Antropometri, adalah ilmu yang mempelajari tentang tekhnik pengukuran tubuh manusia.
  • Somatologi, adalah ilmu yang mempelajari keanekaragaman manusia yang masih hidup, termasuk perbedaan fisik manusia secara perorangan dan kelompok atau ras.
  • Antropoloi rasial, adalah ilmu yang mempelajari pengelompokan manusia berdasarkan perbedaan fisik (ras), sejarah ras, dan pencampuran ras.
  • Studi perbandingan tentang pertumbuhan organik dan Antropologi Konstitusional, adalah ilmu yang mempelajari kecenderungan (predis-posis) dari berbagai tipe tubuh manusia terhadap suatu penyakit tertentu dan mempelajari tingkah laku khusus seperti tingkah laku kriminal.
Sumber pustaka: Enok Maryani. 2003. Antropologi 3 SMU. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian dan Bagian-Bagian Dari Antropologi Fisik (Ragawi)"

Post a Comment