Pengertian Wilayah Formal Dan Wilayah Fungsional



Pengertian Wilayah Formal Dan Wilayah Fungsional

Pengertian wilayah merupakan suatu daerah yang mempunyai ciri-ciri atau kekhasan tersendiri yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Misalnya daerah tersebut terdapat kegiatan ekonomi, pola pertanian, kegiatan pertambangan dan lain sebagainya.


Secara umum, wilayah dapat dibedakan dibedakan menjadi dua macam, yaitu wilayah formal dan wilayah fungsional. Berikut ini pengertian dari kedua macam wilayah tersebut.

  • Wilayah formal
  • Pengertian wilayah formal adalah kawasan yang homogen. Awalnya kriteria yang digunakan adalah kondisi fisik contohnya iklim dan topografi lalu berkembang menjadi kriteria ekonomi, misalnya industri-industri atau tipe pertanian bahkan digunakan kriteria sosial politik.
  • Wilayah fungsional
  • Pengertian wilayah fungsional adalah suatu kawasan yang difungsikan, menurut jenis dan kekhususan, suatu wilayah yang saling berhubungan satu sama lain, misalnya kota, kecamatan, dan kelurahan yang selalu berhubungan. Jadi, wilayah fungsional adalah wilayah yang dinamis serta aktif dan selalu berubah, biasanya wilayah seperti ini terdapat di kota atau wilayah sentral.


Sumber pustaka : Nuansa Geografi 3 : untuk SMA / MA Kelas XII / penulis, Saptanti Rahayu, Eny Wiji Lestari, Maryadi ; editor, Sri Milangsih. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Wilayah Formal Dan Wilayah Fungsional"

Post a Comment