Pengertian Pembangunan Ekonomi



Pengertian Pembangunan Ekonomi [image : www.tubasmedia.com],

Pengertian pembangunan ekonomi pada umumnya didefinisikan sebagai suatu proses yang menyebabkan pendapatan per kapita penduduk meningkat dalam jangka panjang. Pengertian pembangunan  ekonomi dapat diartikan sebagai berikut.


Peningkatan pendapatan per kapita masyarakat, yaitu tingkat pertambahan PDB pada suatu tahun tertentu melebihi tingkat pertambahan penduduknya. dan Perkembangan PDB yang berlaku dalam suatu masyarakat diikuti oleh perubahan dan modernisasi struktur ekonomi yang pada umumnya masih bercorak tradisional.

Berikut ini beberapa pendapat beberapa ekonom mengenai pengertian pembangunan ekonomi, yaitu : Menurut Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo, pengertian pembangunan ekonomi adalah usaha memperbesar pendapatan per kapita dan menaikkan produktivitas per kapita dengan jalan menambah peralatan modal dan menambah skill.

Pengertian pembangunan ekonomi adalah usaha menambah peralatan modal dan menambah skill agar satu sama lainnya membawa pendapatan per kapita yang lebih besar dan produktivitas per kapita yang lebih tinggi.

Sedangkan menurut Drs. Irawan, M.B.A. dan Dr. M. Suparmoko, M.A., pengertian pembangunan ekonomi adalah usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidup bangsa yang seringkali diukur tinggi rendahnya pendapatan real per kapita.

Dan menurut G.M. Meier dan R.E. Baldwin, pengertian pembangunan ekonomi adalah suatu proses, dengan proses itu pendapatan nasional real suatu perekonomian bertambah selama suatu periode waktu yang panjang.


Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Pembangunan Ekonomi"

Post a Comment