Tahapan Proses Siklus Karbon (C) | simpleNEWS05



Siklus Karbon (C)
Tahapan Proses Siklus Karbon (C) ~ Tumbuhan hijau mengambil unsur karbon (C) dalam bentuk karbon dioksida (CO2) yang ada di udara atau yang terlarut dalam air. Selanjutnya, dengan fotosntesis CO2 diubah menjadi glukose (glukose merupakan salah satu persenyawaan karbohidrat). Kemudian, glukose ini diubah menjadi amilum, protein, dan lemak.

Dalam persenyawaan inilah tersimpan energi atau tenaga kimia, yang mengalami perpindahan dari produsen, konsumen, dan pengurai. Apabila manusia dan hewan memakan bagian tumbuhan (daun, buah, biji, dan lain-lain), terjadilah perpindahan karbon dalam bentuk persenyawaan.

Setelah persenyawaan mengalami oksidasi, energinya bebas dan terbentuk sisa, yaitu karbon dioksida (CO2) dan uap air (H20). Uap air dan karbon dioksida dikeluarkan waktu bernafas.

Pada proses penguraian atau pembusukan bangkai hewan, tumbuhan, dan sampah-sampah terlepas CO2 ke udara dan ke tanah. Demikian pula, pada proses pembakaran kayu, batu bara, bensin, sampah, dan lain-lain juga dilepaskan CO2 dan uap air (H2O) ke udara.

Dengan demikian, terjadilah keseimbangan anara CO2 yang diambil dari udara, dan CO2 yang dikembalikan ke udara. Jadi kandungan CO2 di udara tetap yaitu 0,03 %. (Sumber : Dikutip dari buku)


Baca juga:

Materi Lainnya:

1 Response to "Tahapan Proses Siklus Karbon (C) | simpleNEWS05"