Kelebihan dan Kekurangan dari Pasar Oligopoli



Kelebihan dan Kekurangan dari Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli hanya terdiri atas sekelompok kecil perusahaan, yaitu beberapa perusahaan raksasa yang menguasai sebagian besar pasar oligopoli (sekitar 70 – 80% dari seluruh produksi atau nilai penjualan). Dalam pasar oligopoli suatu perusahaan sangat memerhatikan strategi yang dimainkan pesaingnya.


Namun adakalanya perusahaan tersebut bekerja sama dalam menentukan harga dan keputusan bisnis lainnya. dan keuntungan tertinggi dapat diperoleh dengan cara kolusi antarprodusen. Pasar Oligopoli juga mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada Pasar Oligopoli.

Kelebihan Pasar Oligopoli

1. Barang yang Dihasilkan Berbeda Corak

Produsen-produsen yang ada di pasar oligopoli memproduksi barang bermacam-macam dan berbeda corak sesuai yang diinginkan masyarakat. Dengan demikian pasar barang tersebut dapat menyebar ke golongan masyarakat yang lebih luas.

2. Efisiensi dalam Menggunakan Sumber-Sumber Daya

Apabila dipandang dari syarat efisiensi, pasar oligopoli tidaklah menggunakan sumber-sumber daya secara efisien. Namun dipandang dari sudut skala ekonomi yang mungkin diperoleh, terdapat kemungkinan bahwa produsen-produsen dalam pasar oligopoli akan memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah daripada produsen-produsen dalam pasar persaingan sempurna.

3. Pengembangan Teknologi dan Inovasi

Pasar oligopoli merupakan struktur pasar yang paling memberikan dorongan untuk mengemukakan teknologi dan melakukan inovasi. Usaha untuk menarik lebih banyak konsumen dijalankan dengan persaingan bukan harga.

Salah satu di antaranya adalah dengan terus menerus mengembangkan barang-barang yang diproduksi agar mempunyai keistimewaan-keistimewaan tertentu. Untuk mencapai tujuan ini perusahaan harus terus berusaha mengembangkan teknologi dan membuat inovasi yang diperlukan.

Kelemahan Pasar Oligopoli

1. Terjadi Persaingan Harga yang Ketat

Persaingan harga biasanya terjadi apabila ada produk baru masuk ke pasar. Agar dapat menguasai pasar, biasanya produsen baru menurunkan harga, agar produk lama dapat tergeser. Tindakan ini merugikan pelaku lama.

2. Terdapat Rintangan yang Kuat untuk Masuk ke Pasar Oligopoli

Bagi produsen baru yang masuk ke pasar tidaklah mudah karena membutuhkan investasi yang tinggi.

Sumber pustaka : Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Mintasih Indriayu ; editor, Tri Tien Gunawati ; — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

2 Responses to "Kelebihan dan Kekurangan dari Pasar Oligopoli"