Satelit-Satelit Alami yang Mengitari Planet



Satelit-Satelit Alami yang Mengitari Planet
Satelit-Satelit Alami yang Mengitari Planet ~ Satelit alami merupakan benda-benda luar angkasa yang bukan buatan manusia dan mengorbit pada sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya, seperti misalnya Bulan adalah satelit alami dari Bumi. Dari kedelapan planet yang ada hanya planet Merkurius dan planet Venus yang tidak memiliki satelit alami.

Satelit-satelit alami ini mengitari atau memutari sebuah planet yang dekat dengan dirinya. Arah peredaran satelit alami ini sama dengan arah peredaran planet di dekatnyanya. Bidang edarnya hampir berimpitan dengan bidang edar planet. Di dalam tata surya ada 32 satelit. Berikut penjabaran planet beserta satelitnya:
  1. Bumi, 1 satelit;
  2. Jupiter, 12 satelit;
  3. Uranus, 5 satelit;
  4. Mars dan Neptunus, 2 satelit;
  5. Saturnus, 10 satelit.
Ukuran satelit yang dimiliki Jupiter adalah sama atau lebih besar daripada bulan. Belum diketahui planet yang lain mempunyai satelit atau tidak. Tetapi saturnus mempunyai satelit yang berangkasa yaitu Titan begitu juga satelit yang dimiliki Jupiter yaitu Ganymeda juga berangkasa.

Dari 32 satelit alami yang ada, terdapat lima satelit alam terbesar yang pernah ditemukan manusia yaitu Ganymede (Jupiter), Titan (Saturnus), Callisto (Jupiter), Io (Jupiter), serta Bulan (Bumi). dan yang terbesar dari kelimanya itu adalah satelit Ganymede milik planet Jupiter.


Materi Lainnya:

0 Response to "Satelit-Satelit Alami yang Mengitari Planet"

Post a Comment